Hanya Masalah Waktu Sampai Lewis Hamilton Menyandang Gelar Sir

Selasa, 17 November 2020 - 18:01 WIB
Hanya Masalah Waktu Sampai Lewis Hamilton Menyandang Gelar Sir. Foto: Express
LONDON - Gelar ‘Sir’ diberikan pemerintah dan keluarga kerajaan Inggris untuk tokoh-tokoh berpengaruh sekaligus berjasa, termasuk para olahragawan. Pembalap Formula 1 (F1) Lewis Hamilton diyakini bakal menerima gelar kehormatan tersebut.

Sederet tokoh olahraga dari Alex Ferguson (mantan pelatih Manchester United) hingga Andy Murray (petenis) adalah penerima gelar ‘Sir’ dari keluarga kerajaan Inggris. Selain pelaku olahraga, gelar serupa juga pernah diberikan untuk personel The Beatles, Paul McCartney, dan pendiri Microsoft, Bill Gates.

Hamilton yang lahir di Stevenage, Januari 1985, dianggap layak mendapat gelar Sir dari keluarga Kerajaan Inggris atas prestasinya di lintasan balap Formula 1. Pembalap Mercedes itu baru saja mencatatkan gelar juara dunia ketujuh, sejajar dengan rekor Michael Schumacher. (Lihat Grafis: Lewis Hamilton Raih Gelar Juara Dunia Ketujuh )





Legenda balap Formula 1, Jackie Stewart, mendukung gagasan tersebut. Menurutnya, Hamilton telah memberi sumbangsih besar segaligus mengharumkan nama Inggris Raya atas prestasinya di lintasan balap Formula 1.

“Hamilton adalah seorang juara dunia, dan dia berasal dari Inggris sehingga dia layak memperoleh gelar itu,” kata Jackie Stewart dikutip Sky Sport.

Sementara itu, menurut Daily Mail, Lewis Hamilton mungkin harus menunggu gelar Sir hingga dirinya pensiun dari lintasan Formula 1. Sebab, pemerintah Inggris dianggap punya kecenderungan untuk tidak memberikan gelar tersebut kepada atlet yang masih aktif. (Baca Juga: Vettel Sebut Schumacher Lebih Hebat dari Hamilton )

“Pemerintahan yang baru enggan memberikan gelar ksatria itu kepada olahragawan yang masih aktif.” demikian kutipan laporan Daily Mail, Selasa (17/11/2020).

Petenis Andy Murray menjadi yang cukup anyar memperoleh gelar Sir dari kerajaan Inggris. Namun, berbeda dengan Sir Alex, petenis kelahiran Glasgow, Skotlandia itu memilih untuk tidak menggunakan gelar Sir di depan namanya.
(mirz)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More