Timnas Italia Kantongi Resep Hadapi Jurus Tiki-Taka Spanyol

Selasa, 06 Juli 2021 - 18:01 WIB
Timnas Italia Kantongi Resep Hadapi Jurus Tiki-Taka Spanyol. Foto: REUTERS/David Klein
LONDON - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Italia Roberto Mancini mengaku telah mempersiapkan diri menghadapi strategi tiki-taka Spanyol saat laga semifinal Piala Eropa 2020 pada Rabu 7 Juli 2021 mendatang. Pelatih berusia 56 tahun ini akan meladeninya dengan gaya permainan khas Italia.

Laga yang digelar di Stadion Wembley, London, Inggris tersebut diprediksi akan berjalan seru. Pasalnya, kedua tim memiliki ciri khas permainan tersendiri.



Spanyol dikenal memiliki taktik tiki-taka yang awalnya diadopsi dari gaya bermain Barcelona saat dipopulerkan Josep Guardiola pada 2008-2012. Gaya permainan ini mengandalkan umpan-umpan pendek dengan menguasai bola selama mungkin di lapangan.





Sementara Italia memiliki gaya bermain yang selama ini dikenal dengan sebutan Catenaccio. Dari maknanya yang berarti “kunci”, permainan ini mengandalkan gaya bertahan untuk mengunci para penyerang lawan.

Namun, permainan Catenaccio ini semakin ditinggalkan di era sepak bola modern lantaran sering dicap sebagai negative football. Gli Azzurri pun dalam mengarungi Piala Eropa 2020 ini terlihat tak memakai taktik ini lagi dan lebih banyak melakukan serangan.



Terlepas dari itu, Mancini telah menyiapkan gaya permainan tersendiri sejauh ini. Apalagi saat menghadapi Spanyol, permainan tersebut dipercaya dapat meredam tiki-taka Sergio Busquet dkk.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More