Berikut Nama 39 Wasit dari Berbagai Negara untuk Piala Dunia Futsal Lithuania 2021

Selasa, 13 Juli 2021 - 15:11 WIB
Komite Wasit FIFA telah menetapkan 39 wasit dari 31 negara untuk memimpin seluruh pertandingan di Piala Dunia Futsal 2021, yang berlangsung di kota Kaunas, Klaipeda dan Vilnius di Lithuania pada 12 September hingga 3 Oktober 2021 / Foto: MNC Media
JAKARTA - Komite Wasit FIFA telah menetapkan 39 wasit dari 31 negara untuk memimpin seluruh pertandingan di Piala Dunia Futsal 2021, yang berlangsung di kota Kaunas, Klaipeda dan Vilnius di Lithuania pada 12 September hingga 3 Oktober 2021.

"Tim wasit ini yang terbaik untuk turnamen futsal paling penting ini. Kami yakin, mereka semua sangat siap dan telah menunjukkan diri mampu tampil di level yang paling tinggi," kata Pierluigi Collina, Ketua Komite Wasit FIFA.

39 wasit ini dipilih oleh Komite Wasit FIFA berdasarkan kualitas mereka. Evaluasi dilakukan selama program "Road to Lithuania", melihat penampilan mereka selama pertandingan di konfederasi masing-masing, kinerja di kualifikasi Piala Dunia dan juga melihat kondisi kebugaran mereka.

BACA JUGA: Asosiasi Futsal Kebumen Tunda Pelatihan bagi Pelatih akibat PPKM Darurat

“FIFA selalu berusaha menghadirkan ofisial pertandingan terbaik di kompetisinya. Melalui kerja keras dan penampilan yang baik, para wasit yang terpilih layak untuk mengikuti Piala Dunia Futsal di Lithuania, karena mereka telah menunjukkan dalam persiapan, mereka memang yang terbaik. Kami yakin kualitas mereka akan terlihat sejak peluit pertama”, kata Pierluigi Collina.



FIFA melaksanakan kursus secara virtual bagi para calon wasit dari berbagai konfederasi dalam beberapa bulan terakhir dengan tujuan untuk memastikan penerapan aturan yang benar dan konsisten. Menggunakan katalog klip video yang ekstensif, instruktur ahli memberikan pelatihan dan informasi terkini kepada calon wasit untuk memastikan mereka siap jika dipilih untuk bertugas di Lithuania.

Indonesia belum berhasil mengikutkan wasit futsalnya untuk bertugas di Piala Dunia Futsal Lithuania 2021 ini. Ahmad Suparman, Instruktur wasit asal Indonesia yang juga menjabat sebagai anggota Komite Wasit Federasi Futsal Indonesia mengatakan, Indonesia belum bisa mengirimkan wakilnya karena ada banyak hal yang belum memenuhi persyaratan sebagai kandidat Wasit Piala Dunia Futsal.

BACA JUGA: Roberto Mancini, sang Penakluk Kutukan Timnas Italia

“Untuk menjadi kandidat wasit yang bertugas di Piala Dunia Futsal tentu ada beberapa persyaratan yang menjadi kekurangan wasit asal Indonesia. Yang paling utama adalah teregister dahulu menjadi wasit FIFA elite AFC. Dan yang kedua adalah jam terbang yang belum bisa dipenuhi oleh wasit kita” ujar Ahmad Suparman.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More