6 Pesepak Bola Indonesia yang Alih Profesi saat Pandemi Covid-19, Nomor 5 Jadi Satpam

Rabu, 18 Agustus 2021 - 16:50 WIB
Pandemi Covid-19 membuat kompetisi sepak bola tanah air harus terhenti. Hal demikian berimbas pada para pemainnya yang tidak lagi memiliki kegiatan dan pendapatan / Foto: Instagram Andritany
JAKARTA - Pandemi Covid-19 membuat kompetisi sepak bola tanah air harus terhenti. Hal demikian berimbas pada para pemainnya yang tidak lagi memiliki kegiatan dan pendapatan. Mereka kemudian harus beralih profesi demi tetap mendapat penghasilan, dari mulai berjualan kopi hingga menjadi satpam.

Berikut daftar pemain sepak bola yang beralih profesi:

1. Andri Mulyadi

Sejak pandemi Covid-19 melanda, punggawa Borneo FC, Andri Mulyadi harus membawa keluarganya pulang kampung ke Aceh. Rasa panik jelas ia rasakan saat pandemi pertama kali muncul di tanah air. Para pesepakbola, termasuk Andri, harus memutar otak demi menemukan keran penghasilan akibat terhentinya segala kegiatan dan kompetisi sepak bola nasional.

Dilansir dari berbagai sumber, Andri kini ikut mempromosikan dan ikut berjualan kopi milik mertuanya secara daring. Sebenarnya, Andri sudah memiliki bisnis di bidang penyewaan alat pesta. Namun, ikut terdampak karena pandemi ini.



2. Andritany Ardhiyasa

Merebaknya kedai kopi di sekitaran ibukota ikut menarik perhatian penjaga gawang Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa. Ia mulai tertarik menjadi pebisnis dengan mengikuti kakaknya yang berkecimpung di dunia usaha kedai kopi. Adanya pandemi ini, membuat dirinya tidak bisa banyak melakukan aktivitas dan dirumahkan. Lantas, ia berpikir hal apa yang bisa dilakukan agar tetap menghasilkan pendapatan. Akhirnya, ia menjatuhkan pilihan menjadi pengusaha kedai kopi.

Selain itu, ia juga merilis sebuah buku yang berjudul ‘Gagal Bukan Berarti Pecundang’. Menurut informasi yang dilansir dari akun Instagram pribadinya, buku ini mulai diterbitkan pada Mei 2021 dan berisi puluhan artikel pribadinya, yang dimuat di blog miliknya.

3. Bagus Nirwanto
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More