Kompetisi di Italia Siap Bergulir, Diawali Semifinal Coppa Italia

Sabtu, 30 Mei 2020 - 08:45 WIB
Foto/Istimewa
ROMA - Jika Liga Primer kembali pada 17 Juni, penggemar sepak bola Italia juga bakal mengakhiri penantiannya. Seri A musim 2019/20 kemungkinan besar akan kembali bergulir 20 Juni mendatang.

Kepastian tersebut diungkapkan Menteri Olahraga Italia Vincenzo Spadafora seusai menggelar konferensi video bersama Lega Seri A, Asosiasi Pemain, FIGC, dan Asosiasi Tenaga Medis Olahraga Italia, Kamis (28/5). Spadafora mengizinkan pertandingan Seri A digulirkan pada 20 Juni mendatang.

Semula, Spadafora ingin meminta izin kepada Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte agar kompetisi bisa kembali digulirkan 13 Juni. Tanda tangan Conte sangat dibutuhkan untuk keputusan khusus yang memberikan pengecualian terhadap keputusan sebelumnya yang melarang acara olahraga profesional hingga 14 Juni.

Namun, berdasarkan keputusan resminya, Spadafora mengatakan Seri A tetap bergulir sesuai jadwal, yakni 20 Juni. Sementara leg kedua semifinal Coppa Italia dimulai 13 Juni. Asa Seri A kembali bergulir juga didukung Komite Ilmiah Teknis (CTS) yang menyetujui protokol medis untuk pertandingan, Kamis (28/5), yang memungkinkan tim melanjutkan pelatihan kontak.

Ini termasuk ketentuan bahwa jika satu anggota regu atau staf tes positif untuk Covid-19 maka seluruh kelompok tim harus tetap terisolasi selama 14 hari di tempat latihan mereka. Sementara individu yang dites positif akan dikarantina. (Baca: Seri A Kembali Bergulir, Presiden Lazio: Ini Kemenangan Sepak Bola Italia)



Klub dan petugas medis berpendapat periode isolasi seluruh kelompok hanya perlu tujuh hari. Mereka ingin semua dinegosiasikan terlebih dahulu karena kurva pandemi keseluruhan terus turun. Saat ini, kasus positif Covid-19 aktif di Italia ada di bawah 48.000, sementara sebagian besar wilayah memiliki di bawah 10 kasus baru per hari.

"Itu adalah pertemuan yang sangat berguna dan, seperti yang telah kami katakan sejak awal, sepak bola selalu akan dilanjutkan ketika kami memiliki kondisi memastikan keamanan dan CTS mengizinkan. Mengingat semua alasan itu, kita dapat mengatakan bahwa kompetisi dapat dilanjutkan dari 20 Juni,” kata Spadafora, dilansir football-italia.net.

Spadafora juga puas dengan rencana FIGC bahwa plan B (play-off dan play-out) dan plan C (menggunakan tabel yang ada) dapat diadopsi jika terjadi penangguhan kompetisi. Bila tidak ada kendala, Seri A bisa segera melanjutkan kompetisi yang terhenti sejak 9 Maret akibat pandemi Covid-19.

Seri A masih memiliki ada empat pertandingan dari pekan ke 25 yang ditunda dan harus menjadi prioritas ketika kompetisi dilanjutkan pada 20 Juni. Pertandingan tersebut adalah Atalanta versus Sassuolo, Inter Milan melawan Sampdoria, Torino kontra Parma, dan Verona meladeni Cagliari. (Baca juga: Covid-19 Biki Sekarat Pabrik Rokok di Tulungagung)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More