Timnas Indonesia U-19 Punya Masa Depan Cerah dan Cukup Produktif

Senin, 11 Juli 2022 - 17:30 WIB
Pengamat sepak bola nasional Supriyono Prima mengapresiasi perjuangan para pemain Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 / Foto:
JAKARTA - Pengamat sepak bola nasional Supriyono Prima mengapresiasi perjuangan para pemain Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19. Meski gagal menembus semifinal, namun perjuangan Garuda Nusantara patut diacungi jempol.

Selama tampil di babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022. Timnas Indonesia U-19 terbilang cukup produktif. Ini bisa dilihat dari statistik Ronaldo Kwateh dkk menjebol gawang lawan.

Dari lima pertandingan, Timnas Indonesia U-19 berhasil mencetak 17 gol dan hanya kebobolan dua gol saja. Jika perhitungan menjadi syarat lolos ke semifinal, mungkin Garuda Nusantara bakal lolos ke empat besar Piala AFF U-19.

BACA JUGA: Klasemen Akhir Grup A dan B: Semifinal Indonesia vs Singapura dan Vietnam vs Thailand

Dalam turnamen Asia Tenggara U-19, jika tim memiliki poin yang sama, urutan prioritas untuk mempertimbangkan pencapaian adalah konfrontasi langsung, selisih, dan gol yang dicetak. Sebelumnya, Indonesia U-19 bermain imbang tanpa gol (0-0) melawan Vietnam U-19 dan Thailand U-19. Sedangkan Vietnam U-19 versus Thailand U-19 bermain imbang 1-1.



Jadi poin sama-head to head sama, tapi Vietnam dan Thailand unggul gol yang dicetak. Alhasil, Timnas Indonesia U-19 berada di urutan ketiga.

"Anggap kegagalan di AFF U-19 sebagai kemenangan yang tertunda. Para pemain harus tetap berjiwa besar dan semangat," ucap Supriyono Prima kepada MNC Portal Indonesia (MPI), Senin (11/7/2022).

BACA JUGA: Aneh! FIFA dan AFC Hapus Head to Head, Kenapa AFF Pakai Aturan Kuno di Piala AFF U-19?

Supriyono mengatakan para pemain Timnas Indonesia U-19 punya masa depan yang cerah. Hal itu jika bakat-bakat muda itu ditempa agar terus mengalami perkembangan ke arah yang positif.

"Tim ini punya potensi dan progres bagus setiap match-nya. Tim ini cukup produktif," katanya.

Supriyono Prima mengatakan para pemain punya kualitas yang cukup mumpuni. Jadi, para pemain harus melupakan kegagalan Piala AFF U-19 dan menatap berbagai ajang selanjutnya.

"Tim ini juga kompetitif, setiap pemain yang diturunkan dalam performa yang cukup baik," ujarnya.
(yov)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More