alexametrics
KLASEMEN
Grup
TeamPlayPoin
URU39
RUS36
KSA33
EGY30
TeamPlayPoin
ESP35
POR35
IRN34
MAR3-3
TeamPlayPoin
PRC37
DEN35
PER33
AUS31
TeamPlayPoin
CRO39
ARG34
NGA33
ISL31
TeamPlayPoin
BRA37
SUI35
SRB33
CRC31
TeamPlayPoin
SWE36
MEX36
KOR33
GER33
TeamPlayPoin
BEL39
ENG36
TUN33
PAN30
TeamPlayPoin
COL36
JPN34
SEN34
POL33
Photo
Bali Jadi Tuan Rumah Liga Selancar Dunia
Video
41 Pemain Ikut Seleksi Timnas U-16

Ada 'Rusia' di Semifinal Piala Dunia 2018

Hanna Farhana
loading...
Ada Rusia di Semifinal Piala Dunia 2018
Suasana suporter di laga semifinal Piala Dunia 2018 di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg. Foto: Reuters/Max Rossi
SAINT PETERSBURG - Timnas Rusia memang sudah tersingkir dari pagelaran Piala Dunia 2018. Tapi pendukungnya masih saja membanjiri stadion saat laga semifinal Prancis versus Belgia digelar di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg, dini hari tadi.

Fans tersebut menandingi, atau bahkan mengalahkan nyanyian pendukung Prancis atau The Red Devils -julukan Belgia. Mereka berteriak RUSIA! RUSIA!RUSIA! nyaris sepanjang pertandingan.

Namun, mereka bukanlah pendukung sejati Tim Beruang Merah -julukan Rusia. Tapi, suporter Brasil yang kadung membeli tiket lantaran optimistis Selecao -julukan Brasil- bakal melaju ke final Piala Dunia 2018. Seperti diketahui Brasil disingkirkan Belgia di Kazan Arena, Kazan, 6 Juli lalu.

Para fans armada Tite itu pun setelah tim kesayangannya ditekuk Belgia tetap terbang ke Saint Petersburg, tempat laga empat besar digelar.

“Tiket (pertandingan) sudah dibeli, tiket pesawat sudah ada. Kami tak mungkin tak hadir. Meski kecewa kami tetap datang, ya untuk seru-seruan saja kami berteriak Rusia saat pertandingan tadi,” ujar Rafael, pendukung Brasil setelah Prancis menaklukkan Belgia 1-0 di Krestovsky Stadium, dini hari tadi.

Mengapa Rusia? Kenapa tidak berteriak Selecao, atau mendukung salah satu tim yang berlaga di semifinal saja? “Saya dan teman-teman sangat terkesan dengan kompaknya masyarakat Rusia dalam menyemangati timnasionalnya. Dimana pun kami selalu mendengar teriakan itu. Dan juga kami terkesan bagaimana baik dan lancarnya  Piala Dunia berlangsung,” imbuhnya.
Ada Rusia di Semifinal Piala Dunia 2018
(Keterangan Foto: Suasana suporter saat Prancis bentrok Belgia di semifinal Piala Dunia 2018 di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg. Foto: Koran Sindo/SINDOnews/Hanna Farhana)

Selain Brasil, ada juga pendukung Argentina. Meski tak sebanyak fans Selecao, pemuja Lionel Messi dkk tetap setia mengenakan kostum Argentina. Sama seperti fans Brasil, mereka terlanjur membeli tiket pertandingan hingga semifinal.

“Harapan kami, Argentina akan bermain di sini (Krestovsky Stadium) melawan Brasil. Tapi itu tak terjadi, dan kami harus bisa menerima itu,” ungkap Diego, pendukung Argentina asal Rosario.

Lalu kapan mereka akan pulang? Sebagian besar dari fans Brasil bahkan sudah mempunyai tiket final. Mereka awalnya sangat optimisitis bisa merebut gelar Piala Dunia keenam di Luzhniki Stadium, Moskow, 15 Juli mendatang.

“Kami sangat yakin. Tim Brasil bagus sekali. Tapi, apa yang terjadi? Kami kalah. Tak masuk akal. Kami akan segera ke Moskow untuk laga final. Di sana kami akan kembali menyerukan: Rusia!,” kata Ricardo, rekan Rafael.
(bbk)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
PROFIL TIM
Hot Topic