Majukan Panjat Tebing Indonesia, 3R Sport Climbing Diluncurkan

Minggu, 22 Januari 2023 - 09:44 WIB
loading...
Majukan Panjat Tebing Indonesia, 3R Sport Climbing Diluncurkan
Panjat tebing telah dijadikan ajang kompetisi internasional diseluruh dunia. Ini yang menjadi perhatian 3R Sport Climbing Club yang baru saja diresmikan. Foto: Twitter
A A A
JAKARTA - Panjat tebing telah dijadikan ajang kompetisi internasional diseluruh dunia. Ini yang menjadi perhatian 3R Sport Climbing Club yang baru saja diresmikan, Sabtu (21/1/2023).



Kepanjangan dari 3R adalah Rasio Rasa Reaksi. Sebelumnya 3R telah menjalankan beberapa program latihan bagi atlet muda yang bergabung menjadi anggota club ini, seperti Latihan Bolder, Latihan Lead dan Latihan Speed

Menurut Sulaiman selaku Head coach, saat ini club 3R tengah mempersiapkan atlet muda untuk mengikuti pertandingan panjat tebing baik di tingkat Nasional maupun Internasional.

"Ini merupakan inisiasi pelatih dan orang tua atlet klub 3R agar bisa bergema di ajang nasional dan dunia," kata Sulaiman saat peresmian 3R Sport Climbing Club di Taman Wisata Pulau Situ Gintung, Tangerang Selatan, Banten.

"Kami merumuskan suatu metode pembinaan yang mampu menghasilkan atlet muda berkualitas dengan penuh semangat perjuangan untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia dalam cabang olahraga Panjat Tebing" lanjutnya.

Menurut Ketua Club Muhamad Ridwan, 3R sport climbing club ini didukung penuh oleh Induk Organisasi Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat serta Kota Tangerang Selatan.

"Misi kami adalah menciptakan atlet muda yang profesional melalui sistem latihan yang terprogram. Sedangkan visi kami jangka panjang, yaitu membentuk generasi muda yang sehat kuat jasmani maupun rohani, ulet, tangkas, cerdas, beretika dan berprestasi," paparnya

Ridwan menyebut club 3R yang bersekretariat di Jl Cendrawasih No 37-38 Cipayung, Ciputat, kota Tangerang Selatan ini juga bekerja sama dengan PsySporte. Sebab, psikologi coach, atlet serta orang tua atlet akan dibangun untuk mendukung prestasi yang diharapkan.

Saat ini club 3R sudah memiliki 18 orang atlet muda dengan rentang usia umur 6-15 tahun, komposisinya lima atlet putra dan 13 atlet putri.

"Kami menerapkan metode pengajaran yang terintegrasi dan berkelanjutan. Disebut terintegrasi karena kami menerapkan latihan bolder, lead dan speed yang mengacu pada silabus sehingga pembelajaran anak-anak mempunyai tahapan dan target yang jelas," ucap Ridwan.



"Disebut berkelanjutan karena seluruh latihan mereka akan terimplementasi melalui pertandingan terbuka di nasional dan pertandingan di luar negeri yang secara rutin terjadwal untuk diikuti," pungkasnya.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2180 seconds (0.1#10.140)