Perusahaan Pelayaran Norwegia Larang Angkut Kendaraan Listrik

Senin, 23 Januari 2023 - 13:47 WIB
loading...
Perusahaan Pelayaran Norwegia Larang Angkut Kendaraan Listrik
Perusahaan pelayaran Norwegia Havila Krystruten melarang mengangkut kendaraan atau mobil listrik karena khawatir memicu kebakaran seperti yang dialami kapal Felicity Ace. Foto/Carscoops
A A A
OSLO - Perusahaan pelayaran Norwegia Havila Krystruten melarang mengangkut kendaraan atau mobil listrik karena khawatir memicu kebakaran seperti yang dialami kapal Felicity Ace. Apalagi berdasarkan penyelidikan eksternal, kapal Havila Krystruten tidak dilengkapi peralatan untuk melawan kebakaran baterai lithium-ion.

Pelayaran Havila Krystruten hanya akan mengangkut kendaraan pribadi bermesin pembakaran dalam (ICE). Perusahaan pelayaran dari Norwegia ini melayani transportasi laut antara kota pesisir Bergen dan Kierkenes.

“Kemungkinan kebakaran pada mobil listrik, hibrida, atau hidrogen akan membutuhkan upaya penyelamatan eksternal dan dapat membahayakan penumpang dan kapal,” kata Bent Martini, Direktur Pelaksana Perusahaan Pelayaran Havila Krystruten dikutip dari laman Carscoops, Senin (23/1/2023).



Meskipun tidak jelas apa yang menyebabkan perusahaan melakukan penyelidikan eksternal, ketakutan akan kebakaran di kapal seperti yang dialami kapal Felicity Ace di Atlantik. Meskipun penyebab kebakaran belum ditentukan, ada kendaraan dengan baterai listrik di atas kapal, yang menimbulkan spekulasi bahwa itu pemicu kebakaran tersebut.

Sementara penelitian menunjukkan bahwa, per kapita, kendaraan pembakaran internal lebih sering terbakar daripada kendaraan listrik. Namun, Havila Krystruten menunjuk kemampuan pemadam kebakaran pada kapalnya sebagai alasan utama, bukan frekuensi kebakaran.

“Ini adalah penilaian keselamatan murni, dan kesimpulan dari analisis risiko menunjukkan bahwa kemungkinan kebakaran pada kendaraan fosil akan dapat ditangani oleh sistem dan kru yang kami miliki,” tegas Bent Martini.
Perusahaan Pelayaran Norwegia Larang Angkut Kendaraan Listrik


Masalahnya sangat penting di Norwegia, yang merupakan salah satu konsumen kendaraan listrik terbesar di dunia. Lebih dari 80 persen dari semua kendaraan yang dijual di negara itu pada tahun 2022 sepenuhnya bertenaga listrik, membuat keputusan ini kemungkinan akan mengganggu penumpang.



Perusahaan pengapalan sebelumnya mengakui bahwa pengangkutan kendaraan di kapalnya penting. “Kami tahu betapa pentingnya (kendaraan pengangkut) bagi orang-orang di sepanjang pantai dan bagi para pelancong,” kata mantan pengelola Arild Myrvoll.

Havila Krystruten mengatakan sekarang akan mencari cara untuk meminimalkan risiko pengangkutan kendaraan listrik dan hibrida di masa depan. Sementara itu, satu-satunya perusahaan pelayaran lain di rute tersebut, Hurtigruten, mengatakan akan terus mengangkut kendaraan pribadi di kapalnya, terlepas apa pun jenisnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2459 seconds (0.1#10.140)