Alasan Honda 'Buang' Alex Marquez ke Tim Satelit

Selasa, 14 Juli 2020 - 19:03 WIB
loading...
Alasan Honda Buang Alex Marquez ke Tim Satelit
Manajer tim Repsol Honda, Alberto Puig, menjelaskan perubahan komposisi pembalap pada MotoGP 2021 mendatang / Foto: HRC
A A A
JEREZ - Manajer tim Repsol Honda, Alberto Puig, menjelaskan perubahan komposisi pembalap pada MotoGP 2021 mendatang. Ini berkaitan dengan pergeseran Alex Marquez ke tim satelit LCR, setelah pabrikan Jepang resmi mengonfirmasi kedatangan Pol Espargaro.

Status Alex Marquez di tim Repsol Honda tidak aman mengingat adik kandung Marc Marquez itu hanya dikontrak selama semusim saja. Situasi semakin sulit lantaran dunia dihantam pandemi Covid-19. (Baca juga: Bos Ducati Geregetan Gaet Lorenzo )

Di tengah keadaan darurat kesehatan ini, Honda Racing Corporation (HRC) akhirnya membuat keputusan untuk membawa Pol Espargaro ke markas mereka di Jepang. HRC pun memilih untuk mengorbankan Alex, meskipun belum diketahui apakah dia bakal tampil mengesankan di ajang MotoGP tahun ini atau tidak.

"Pada akhir tahun lalu, kami tiba-tiba mendengar tentang kabar pensiunnya Lorenzo. Kami tidak berawak, jadi langkah paling logis adalah membawa Alex Marquez, seorang juara dunia yang bisa tumbuh," kata Puig dikutip dari laman resmi MotoGP, Selasa (14/7/2020).

Tapi bagaimana dengan penurunan status yang dialami Alex Marquez, Puig menjelaskan bahwa untuk pemula cara yang ideal adalah meningkatkan satu langkah pada satu waktu dalam tim satelit.

"Tanpa tekanan balap di Repsol Honda bersama Marc Marquez. Dengan cara ini Alex dapat mengekspresikan potensinya dengan cara yang lebih santai, selalu mengandalkan dukungan HRC," tutur Puig.

Lantas bagaimana penilaian Puig terhadap Pol Espargaro? Puig menjelaskan HRC sebenarnya sudah lama memantau perkembangan Pol Espargaro selama menjadi pembalap tim KTM.

Selama di tim KTM, Pol Espargaro telah melakukan pekerjaan yang luar biasa. (Baca juga: Pol Espargaro Bisa Ganggu Keharmonisan Marquez dengan Tim Repsol Honda )

"Kami juga percaya bahwa gaya menunggangnya dapat beradaptasi dengan baik dengan motor kami. Ini adalah koneksi yang sangat baik dan akan membantu Marc, baik dalam hal pengembangan RCV dan daya saing," ungkap Puig.
(bbk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1552 seconds (0.1#10.140)