Rahmad Darmawan; dari Tentara, Pesepak Bola dan Kini Jadi Politikus

Selasa, 14 Juli 2020 - 23:30 WIB
loading...
Rahmad Darmawan; dari Tentara, Pesepak Bola dan Kini Jadi Politikus
Pantas kiranya jika menyebut Rahmad Darmawan sebagai pria multiprofesi.Selama hidupnya, sosok yang biasa disapa RD itu telah memegang sejumlah jabatan. Foto: madura united
A A A
JAKARTA - Pantas kiranya jika menyebut Rahmad Darmawan sebagai pria multiprofesi. Sebab, selama hidupnya, sosok yang biasa disapa RD itu telah memegang sejumlah jabatan. Mulai mengangkat senjata, berkutat dengan sepak bola dan sekarang terjun di jalur politik.

(Baca Juga: Mantan Pelatih Timnas Rahmad Darmawan Merapat ke Demokrat )

RD memiliki kisah hidup yang cukup panjang. Lahir di Lampung pada 28 November 1966, tokoh yang kini berusia 53 tahun itu cukup populer di Indonesia. Sejumlah torehan pernah diukirnya di lapangan hijau.

Meski demikian, RD tidak sepenuhnya berkarier di sepak bola. Dia pernah bertugas di TNI Angkatan Laut (AL) mulai 1991 dan sempat diangkat sebagai kapten. Padahal, pada periode tersebut, dia sudah aktif merumput.

RD mengisi lini tengah Persija Jakarta selama lima tahun mulai 1986-1991. Pria yang sekarang membesut Madura United (MU) itu kemudian merantau ke Malaysia untuk membela ATM FA (1992-1993).

Setelah itu, RD pulang ke Tanah Air dan bergabung lagi bersama Macan Kemayoran selama dua musim. Selanjutnya dia merapat ke Persita Tangerang pada 1996 sampai akhirnya gantung sepatu pada 1998, dan kemudian menjadi asisten pelatih di tim tersebut.

RD juga pernah mengenakan seragam Merah Putih selama pada 1988-1994 dan setidaknya telah tampil sebanyak 33 kali dan mencetak satu gol. Ya, dia sudah beberapa kali tampil diberbagai event internasional.

Ketika berada di Negeri Jiran, RD mengambil keputusan penting dalam hidupnya dengan pensiun dini dari TNI AL. Menanggalkan statusnya sebagai prajurit tak disesali RD. Sebab, menurutnya suatu hari nanti dunia militer pasti akan ditinggalkannya.

"Kalau masa pensiun sebagai prajurit TNI sudah saya lalui dengan pensiun dini. Buat saya tidak terlalu sulit. Karena ada Undang-Undang tentang batas usia yang pasti saya lalui," ucap RD beberapa waktu lalu di channel Youtube.

Setelah berganti profesi, RD bisa dikategorikan sebagai pelatih petualang. Sebab, beragam tim pernah dibesutnya. Persikota, Persipura Jayapura , Persija, Sriwijaya FC, Pelita Jaya, Arema , Persebaya , Mitra Kukar dan TIRA-Persikabo pernah menerima sentuhannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4252 seconds (0.1#10.140)