Benny Dollo di Mata Keluarga: Sosok Tegas dan Gila Sepak Bola

Kamis, 02 Februari 2023 - 22:31 WIB
loading...
Benny Dollo di Mata Keluarga: Sosok Tegas dan Gila Sepak Bola
Menantu Benny Dollo, Alex, mengungkapkan sosok mantan pelatih Timnas Indonesia itu sangat tegas/Foto/MPI/Fitradian
A A A
PAMULANG - Mendiang Benny Dollo dikenal sebagai sosok yang tegas dan sangat cinta dengan pekerjaannya di dunia sepak bola Tanah Air. Bendol -sapaan akrab Benny Dollo- mengembuskan napas terakhirnya di usia 72 tahun pada Rabu (1/2/2023) malam WIB.Pria kelahrian Manado, Sulawesi Utara, 22 September 1950, itu meninggalkan seorang istri, dua anak, dan dua cucu.

Menantu Benny Dollo, Alex, mengungkapkan sosok mantan pelatih Timnas Indonesia itu sangat tegas dan pandai bergaul. Benny juga tidak memandang siapaun dalam berteman. Sebagai orang tua, pria yang pernah menangani klub Arema Malang, Persita Tangerang, dan Persija Jakarta itu sangat bertanggung jawab.



"Menurut saya pribadi, papih Benny itu tegas. Beliau memandang hal-hal yang rapih, bersih, sangat sistematis orangnya. Dia juga orangnya bertanggung jawab yang pasti, baik hati, kalau berteman tuh sama siapa aja. Itu sosok dia sebagai mertua, yang saya kenal. Kalau sebagai orang tua, dia bertanggung jawab," ucap Alex, suami dari anak kandung Benny Dollo, Jane Dollo, kepada awak media termasuk MNC Portal Indonesia di rumah duka, Kamis (2/2/2023).

Lebih lanjut, Alex bercerita betapa cintanya Benny Dollo dengan pekerjaannya sebagai pelatih sepak bola. Khususnya kepada klub di Tanah Air yang pernah dia tangani seperti Pelita Jaya, Arema, Persija, sampai Persita.



"Papah tak terlalu banyak cerita soal timnas. Mungkin beberapa kali saja bicara sepak bola Indonesia. Tapi, saya tak bisa jelaskan detail, yang pasti dia sangat cinta dunia sepak bolanya, terutama sama tim-tim yang ditanganinya seperti Persija, Arema, Persita, Pelita Jaya dan masih banyak lagi," jelasnya.

Alex menambahkan, sempat mendiang Benny Dollo tebersit untuk menyudahi pekerjaannya di dunia sepak bola. Namun pria kelahiran Manado itu mengurungkan niatnya karena sudah telanjur cinta dengan olahraga sepak bola.

"Papih juga sempat jadi pelatih timnas dua kali, intinya pada saat dia melatih itu adalah pribadi dia, jadi dalam arti kata pada saat dia di klubnya baik, juga dengan timnya. Dia sangat bertanggung jawab dengan apa yang dia kerjakan, tak ada hal hal yang negatif sih, seperti itu," imbuhnya.

"Karena kecintaannya, dia sempat ingin keluar dari dunia kepelatihan karena dia ingin ada yang menjadi penerusnya. Cuma mungkin karena pengetahuannya dia tentang sepak bola masih dibutuhkan akhirnya dia balik lagi ke sepak bola," sambung Alex.

Kiprah mendiang Benny Dollo di dunia sepak bola Tanah Air sangat panjang. Dia pernah melatih kurang lebih 10 klub Indonesia. Prestasi yang paling mencolok tercipta kala dia membawa Pelita Jaya juara pada 1988/1989, 1990, dan 1993/1994. Kemudian Bendol kembali moncer dengan membawa Arema juara Divisi Satu Liga Indonesia 2004 dan Copa Dji Sam Soe pada 2005 dan 2006.

Selain level klub, Benny Dollo juga pernah menulangi Timnas Indonesia sebanyak tigak kali. Yaitu pada 2000-2001, 2008-2010, dan 2015 sebagai pelatih interim. Saat melatih, pria kelahiran Manado itu membawa Skuad Garuda meraih gelar Piala Kemerdekaan 2008.

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2023 SINDOnews.com. All Rights Reserved.
read/ rendering in 0.2339 seconds (11.210#12.26)