Marselino Merantau ke Eropa, Spaso Ungkit Perjalanan Karier Ronaldo dan Lionel Messi

Sabtu, 04 Februari 2023 - 01:03 WIB
loading...
Marselino Merantau ke Eropa, Spaso Ungkit Perjalanan Karier Ronaldo dan Lionel Messi
Ilija Spasojevic mengaku senang dengan keputusan Marselino Ferdinan memilih melanjutkan karienrya di Eropa bersama KMSK Deinze / Foto: Instagram Marselino Ferdinan
A A A
BALI - Ilija Spasojevic mengaku senang dengan keputusan Marselino Ferdinan memilih melanjutkan karienrya di Eropa bersama KMSK Deinze. Menurutnya, keputusan untuk jauh dari keluarga dan mengejar karier agar menjadi pemain hebat adalah suatu proses panjang yang harus dihadapi.

"Pasti tidak gampang karena jauh dari keluarga. Saya sendiri umur 15 tahun pergi dari rumah dan meninggalkan keluarga untuk meraih pengalaman itu. Tentu tidak mudah," ujar Spaso dikutip dari laman resmi Bali United, Jumat (3/2/2023).

"Tapi semua pemain harus melewati periode itu untuk mencapai masa depan. Tidak ada yang mudah dalam hidup atau di sepak bola,” lanjutnya.

BACA JUGA: Juventus Bangkit dari Keterpurukan, Massimiliano Allegri: Semangat Kami Telah Kembali!

Bahkan Spasojevic membandingkan keputusan Marselino layaknya seperti dua megabintang sepak bola dunia, yakni Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Pasalnya, baik Ronaldo dan Messi sama-sama berjuang melewati proses tersebut sampai akhirnya bisa menjadi bintang seperti sekarang ini.

Ronaldo yang masa mudanya sempat berkarier di Nacional U-15 yang berada di kota Madeira hijrah ke kota Lisbon memulai petualangan bersama Sporting Lisbon U-15. Begitu juga dengan Messi yang berasal dari Argentina pada usia 13 tahun berani merantau ke Spanyol dan bergabung dengan Barcelona Muda.

BACA JUGA: Marselino Ferdinan Gabung KMSK Deinze, Egy Maulana Vikri Doakan Jadi Pemain Top

"Kita bisa lihat Cristiano Ronaldo umur 12 tahun dari Madeira ke Lisbon dan itu tentu hal luar biasa di usia muda seperti itu. Begitu juga dengan Lionel Messi yang menghadapi situasi sulit dari Argentina ke Spanyol. Tidak ada pemain yang berada di zona nyaman jadi pemain besar," pungkas Spasojevic.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.5010 seconds (0.1#10.140)