alexa snippet

Empat Mantan Pemain yang Sukses Jadi Pelatih NBA

Empat Mantan Pemain yang Sukses Jadi Pelatih NBA
Empat pelatih basket yang sukses sebagai arsitek dan pernah sukses sebagai pemain di tim masing-masing - Ist
A+ A-
CLEVELAND - Tak banyak mantan pebasket NBA yang sukses membesut tim sebagai pelatih. Keberhasilan Steve Kerr membawa Golden State Warriors juara NBA 2015 menjadikannya satu dari empat mantan pemain yang sukses di bangku pelatih tim NBA.

Sejarah mencatat, selain Kerr hanya terdapat tiga nama pelatih sukses yang notabene mantan pemain di NBA. Walau sama-sama dihadapkan pada ketatnya atmosfer pertandingan NBA, namun berada di tengah dan dipinggir lapangan terasa jauh berbeda.

Kerr, usai membawa Warriors memenangkan gelar juara NBA 2015 mengatakan, suasana yang menyelimutinya sebelum pertandingan di Quicken Loans Arena, Rabu (17/6/2015) mengembalikan ingatannya saat masih menjadi pemain. "Sudah 12 tahun sejak terakhir saya di sini. Saya hampir lupa bagaimana letihnya perjuangan ini," katanya.

Berikut ini empat pelatih NBA yang sukses menggenggam trofi juara baik sebagai pemain dan sebagai pelatih. (Baca juga : Warriors Sabet Gelar Juara NBA 2015)

1. Steve Kerr
Empat Mantan Pemain yang Sukses Jadi Pelatih NBA
Kerr menjadi satu faktor kunci yang mambawa sukses bagi Golden State Warriors menjuarai NBA 2015. Pencapaian tersebut menyamai prestasi legenda hidup, Pat Riley. Kerr menjadi pelatih debutan pertama yang memenangkan gelar NBA setelah Riley melakukannya pada 1982.

Kesuksesan Kerr sebagai pelatih di musim 2015 melengkapi keberhasilannya mengangkat trofi juara NBA sebagai pemain. Kerr telah lima kali mempersembahkan gelar juara, empat gelar untuk Chicago Bulls (1996-1999) dan satu gelar untuk San Antonio Spurs (2003).    

2. Bill Russell
Empat Mantan Pemain yang Sukses Jadi Pelatih NBA
Di liga Basket Amerika pada era 1950an, nama Bill Russell tidak asing di telinga. Pemain legendaris Boston Celtics itu telah 11 kali menyumbang gelar juara NBA untuk Celtics sejak musim 1957-1969.
halaman ke-1 dari 2
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top