Inspirasi Pemuda Melalui Turnamen Sepak Bola IA-ITB Cup 2023

Jum'at, 03 Februari 2023 - 22:34 WIB
loading...
Inspirasi Pemuda Melalui Turnamen Sepak Bola IA-ITB Cup 2023
Ikatan Alumni ITB (IA-ITB) dan Komisariat Persatuan Sepak Bola IA-ITB (PS IA-ITB) bekerja sama dengan sejumlah mitra menyelenggarakan turnamen Sepak Bola IA-ITB Cup 2023 / Foto: ITB
A A A
Ikatan Alumni ITB (IA-ITB) dan Komisariat Persatuan Sepak Bola IA-ITB (PS IA-ITB) bekerja sama dengan sejumlah mitra menyelenggarakan turnamen Sepak Bola IA-ITB Cup 2023 pada 4 Februari hingga 12 Maret 2023 di Lapangan C Senayan, Jakarta.

"Sepak bola merupakan olahraga yang populer di seluruh dunia dan mengandung nilai-nilai positif seperti leadership, growth mindset, teamwork, dan fair play. Demikian juga terkait kematangan dalam bereaksi dan merespon konflik, serta melatih diri untuk terbiasa merasakan kemenangan dan kekalahan. Ini merupakan hal-hal berharga yang dilatih setiap minggunya di lapangan sepak bola. Namun, sangat disayangkan bahwa saat ini popularitas sepak bola di kalangan muda mulai terpinggirkan," kata Muhammad Alwi selaku Menteri Olahraga dan Keminatan, Pengurus Pusat IA-ITB dalam keterangan persnya, Jumat (3/2/2023).

Alwi menjelaskan latar belakang penyelenggaraan kegiatan. "Melalui olahraga ini, generasi muda dapat dididik menjadi pribadi yang tangguh secara fisik dan mental, sehingga dapat turut mewujudkan visi Indonesia Emas 2045." sambung Agus Mustopa sebagai Ketua Umum Persatuan Sepak Bola IA-ITB (PS IA-ITB).

Ketua Eksekutif Turnamen, Rizal Kasli, menyatakan bahwa turnamen ini dapat menjadi saranauntuk meningkatkan kembali gairah berlatih sepak bola di kalangan alumni ITB. Dengan nilai-nilai universal yang terkandung di dalamnya, sepak bola juga dapat menjadi sarana pendidikan karakter yang efektif. “Di sisi lain, kami juga melibatkan Alumni Senior dengan mewajibkan minimal ada satu pemain senior (usia di atas 40 tahun) untuk bermain di lapangan selama pertandingan. Ini memaksa tiap tim Alumni Jurusan untuk membangun konektivitas lintas generasi.” imbuh Bahtiar, Ketua Panitia Turnamen Sepak Bola IA-ITB Cup 2023.

Turnamen ini akan diikuti oleh 20 tim dari berbagai IA-Jurusan/Program Studi atau sekitar lebih dari seribu alumni ITB sebagai pemain dan ofisial tim. "Selain dapat ditonton langsung di lapangan, turnamen ini dapat juga disaksikan melalui live streaming di YouTube. Kita ada di dua kanal yg akan menayangkan pertandingan live, yakni kanal PS IA-ITB dan Ikatan Alumni ITB," tutur Rizal.

"Turnamen ini juga akan menggunakan pemanfaatan sport science untuk menjadi bahan evaluasi tiap tim peserta dengan menggandeng Lapangbola.com, lembaga statistik resmi Liga 1," tambah Bahtiar.

Jaringan kemitraan IA-ITB turut berpartisipasi mendukung pelaksanaan kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan ini. Mitra IA-ITB tersebut adalah Pupuk Indoensia, Bank BJB, Bio Farma, Kimia Farma, Vale Indonesia, Tanjung Alam Jaya, Clarus Innovace Teknologi, Arutmin Indonesia, Thermochem, Berca Hardayaperkasa, BRI Life, Bank Mandiri, KMNC, Evercoss, Mitra Atlas Nusantara, Kilat Wahana Jenggala, Pelindo Energi Logistik, Pelindo Terminal Petikemas, Pupuk Kujang, Le Minerale, Citilink, Supreme Energy, Petroturbo, Paragon (Kahf), Bluebird, Lapangbola.com & MILLS.

IA-ITB dan PS IA-ITB meyakini bahwa semangat berolahraga sepak bola dapat membawa dampak positif yang berkelanjutan. Dari pribadi ke lingkungan terdekat, keluarga, teman, pekerjaan, dan masyarakat luas. “Dengan menginspirasi pemuda, kami ingin menginspirasi Indonesia.” kata Alwi.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1146 seconds (0.1#10.140)