Bedah Kekuatan Lini Per Lini Timnas Indonesia U-20 Jelang Piala Asia U-20 2023

Selasa, 14 Februari 2023 - 18:00 WIB
loading...
Bedah Kekuatan Lini Per Lini Timnas Indonesia U-20 Jelang Piala Asia U-20 2023
Tim nasional Indonesia U-20 siap unjuk gigi di Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan, 1-18 Maret 2023/Foto/PSSI
A A A
JAKARTA - Tim nasional (Timnas) Indonesia U-20 siap unjuk gigi di Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan, 1-18 Maret 2023. Kekuatan tim Garuda Nusantara pun menjadi sorotan, mampukah bersaing dengan negara kuat Asia lainnya.

Timnas Indonesia U-20 berada di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Irak dan Suriah di Piala Asia U-20. Ini akan menjadi tantangan bagi Pelatih Shin Tae-yong apakah mampu lolos ke babak berikutnya.



Shin Tae-yong sudah memanggil 30 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) pada 1-28 Februari 2023. Namun, ada beberapa pemain yang belum bisa bergabung dan membuat persiapan Garuda Nusantara mendapatkan kendala.

Dalam uji coba terbaru, Timnas Indonesia U-20 menang 3-1 atas Persija U-20 di Lapangan C, Senayan, Jakarta pada Sabtu (11/2/2023). Tiga gol Timnas Indonesia U-20 dikemas Ginanjar Wahyu, Hugo Samir, dan Resa Aditya Nugraha.



Shin Tae-yong menilai performa Timnas Indonesia U-20 masih belum bagus. Belum bergabungnya para pemain inti juga membuat laga uji coba menjadi kurang efektif.

"Memang mulai TC kita fokuskan latihan fisik, sesekali latihan tanding dan performa masih belum baik. Serta pemain inti belum datang, sebenarnya kurang efektif juga pertandingan uji coba ini,"kata Shin Tae-yong dilansir dari Youtube PSSI TV, Senin (13/2/2023).

Pelatih asal Korea Selatan itu menjelaskan dalam laga uji coba tak mementingkan hasil, tapi ingin melihat kemampuan para pemainnya. Shin Tae-yong menjelaskan Timnas Indonesia U-20 masih memiliki masalah di penyelesaian akhir.

"Dalam laga uji coba ini, kita tidak fokus pada hasil tapi kemampuan masing-masing pemain jadi mulai hari ini, saya bisa melihat dan membaca kemampuan pemain seperti apa. Saya memang mempersiapkan untuk latihan shooting, karena para pemain secara keseluruhan kurang dalam finishing," jelasnya.

Sementara dengan absennya beberapa pemain dari TC, Shin Tae-yong pun bisa mengandalkan pemain yang ada. Tentu hal tersebut sangat dibutuhkan agar Timnas Indonesia bisa mendapatkan hasil bagus dan tak bergantung dengan satu atau dua pemain saja.

Berikut bedah kekuatan Timnas Indonesia U-20

1. Kiper

Timnas Indonesia U-20 memanggil empat kiper, yakni Cahya Supriadi, Aditya Arya, Erlangga Setyo dan Daffa Fasya. Namun Cahya Supriadi masih belum bisa bergabung, karena Persija Jakarta masih menahannya untuk meninggalkan tim.

Cahya Supriadi terbilang menjadi pilihan utama Shin Tae-yong untuk mengawal gawang Timnas Indonesia U-20. Terbukti dengan kiper berusia 19 tahun itu tampil sebanyak dua pertandingan di babak kualifikasi Piala Asia U-20.

Namun Timnas Indonesia U-20 masih memiliki pengganti Cahya Supriadi, jika benar tak bisa tampil di Piala Asia U-20. Aditya Arya pun bisa menjadi pilihan utama Shin Tae-yong karena menunjukkan penampilan apiknya saat Timnas Indonesia meraih kemenangan 3-2 atas Vietnam di kualifikasi Piala Asia U-20.

2. Bek

Kakang Rudianto, Barnabas Sobor, Muhammad Ferrari, Brandon Scheunemann, Dimas Pamungkas dan Sulthan Zaky menjadi pemain bertahan yang dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti TC Timnas Indonesia U-20. Namun Muhammad Ferrari masih belum bisa bergabung dengan Garuda Nusantara, karena Persija Jakarta masih enggan melepasnya.

Shin Tae-yong pun bisa mengandalkan Kakang Rudianto, Brandon Scheunemann, Barnabas Sobor, Sulthan Zaky dan Dimas Pamungkas untuk menjaga lini pertahanan Timnas Indonesia U-20. Terlebih kelima pemain tersebut memiliki kualitas yang tak jauh beda, sehingga bakal berjuang sekuat tenaga di Piala Asia U-20.

3. Gelandang

Shin Tae-yong tampak dipusingkan dengan Marselino Ferdinan yang belum bergabung ke TC Timnas Indonesia U-20. Pasalnya, Marselino Ferdinan tengah berada di Belgia usai bergabung dengan KMSK Deinze.

Proses adaptasi dan statusnya sebagai pemain anyar KMSK Deinze membuat Marselino Ferdinan masih belum bisa dipastikan kapan bisa bergabung dengan Timnas Indonesia U-20. Kendati demikian, Shin Tae-yong bisa mengandalkan Arkan Fikri, Dzaky Asraf, Dony Tri Pamungkas dan Robi Darwis untuk menjaga lini tengah Garuda Nusantara.

4. Penyerang

Sektor penyerang menjadi posisi paling menentukan untuk sebuat tim bisa mendapatkan kemenangan. Pasalnya, seorang penyerang harus bisa menunjukkan kualitasnya dengan mencetak gol di setiap pertandingannya.

Hokky Caraka, Hugo Samir, Rabbani Tasnim, Arkhan Kaka, Ronaldo Kwateh adalah para penyerang yang dipanggil Shin Tae-yong untuk TC Timnas Indonesia U-20. Namun Ronaldo Kwateh belum bergabung karena sedang berada di Turki untuk menyelesaikan proses perpindahannya.

Sementara Shin Tae-yong tak perlu merasa khawatir tanpa kehadiran Ronaldo Kwateh. Pasalnya, Garuda Nusantara masih memiliki pemain penyerang hebat seperti Hokky Caraka, Hugo Samir, Rabbani Tasnim dan Arkhan Kaka.

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0801 seconds (0.1#10.140)