6 Risiko Menakutkan dalam Olahraga Tinju, Nomor 4 Mengejutkan!

Rabu, 15 Februari 2023 - 05:29 WIB
loading...
6 Risiko Menakutkan dalam Olahraga Tinju, Nomor 4 Mengejutkan!
Sederet risiko dalam olahraga tinju akan dibahas pada artikel ini. Salah satunya bahkan bisa berujung kematian / Foto: REUTERS/Leonhard Foeger
A A A
Sederet risiko dalam olahraga tinju akan dibahas pada artikel ini. Salah satunya bahkan bisa berujung kematian. Tinju merupakan salah satu cabang olahraga populer di dunia. Meski dikenal sebagai olahraga keras, faktanya masih cukup banyak orang-orang yang berminat untuk berkarier sebagai petinju .

Pada statusnya, olahraga ini melibatkan aktivitas fisik berupa pukulan yang masing-masing dihantamkan seorang petinju kepada musuhnya. Selama bertarung di ring ini, mereka memiliki berbagai risiko menakutkan yang mungkin timbul.



Berikut Risiko Menakutkan yang Bisa Timbul dalam Olahraga Tinju:

1. Cedera Otak
Setiap pukulan yang dilepaskan petinju di atas ring berisiko mencederai lawannya. Apalagi jika pukulan itu menyasar ke kepala lawan, terutama otak.

Mengutip laman VeryWell Fit, Selasa (14/2/2023), American Association of Neurological Surgeons menyebut bahwa 90 persen petinju mengalami cedera otak traumatis sepanjang kariernya.

Sebagai contoh, ketika seorang petinju mendapat pukulan telak di kepala, rasanya bisa seperti dilempar bola bowling seberat 13 pon dengan kecepatan 20 mph. Lebih lanjut, pukulan tersebut bisa menyebabkan kerusakan jaringan otak, merobek jaringan saraf, dan lain sebagainya.

2. Cedera Mata
Berikutnya adalah risiko terkena cedera mata. Meski terlindungi oleh tulang keras di bagian sampingnya, bagian mata juga cukup rentan terkena serangan dari musuhnya di atas ring.

Tergantung kekuatan dari pukulan yang diterima, cedera yang didapat bisa berupa lebam di sekitar mata, ablasio retina, pendarahan retina, dan lainnya.

3. Cedera Wajah
Cedera pada wajah menjadi risiko paling umum yang mungkin diterima petinju. Mengutip laman SportsFever, tak jarang tentu dapat dilihat bagaimana seorang petinju wajahnya penuh memar dan berlumuran darah ketika bertanding. Tak hanya itu, mereka juga berpotensi mengalami gusi berdarah, gigi patah, dan cedera lain pada bagian wajahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1631 seconds (0.1#10.140)