Ada Tambahan Sprint Race di MotoGP 2023, Pol Espargaro Genjot Latihan Fisik

Sabtu, 18 Februari 2023 - 23:59 WIB
loading...
Ada Tambahan Sprint Race di MotoGP 2023, Pol Espargaro Genjot Latihan Fisik
Ada Tambahan Sprint Race di MotoGP 2023, Pol Espargaro Genjot Latihan Fisik. Foto: IST
A A A
MATTIGHOFEN - Pembalap GASGAS Tech3, Pol Espargaro , mengungkapkan bahwa adanya format balapan baru di MotoGP 2023 membuatnya harus sedikit mengubah program latihannya, yakni dengan menambahkan latihan fisik lebih banyak. Sebab menurutnya, itu akan membantunya lebih mudah melewati balapan demi balapan dengan lebih maksimal.

Sebagaimana diketahui, mulai musim MotoGP 2023, para pembalap akan menjalani balapan dengan format baru. Mereka bakal bertarung memperebutkan setengah poin dari poin penuh dalam balapan sprint pada hari Sabtu, yang juga akan digelar dengan format setengah dari lap dalam balapan penuh di hari Minggu.



Pastinya, melewati 42 balapan selama semusim penuh itu menjadi tantangan baru bagi Francesco Bagnaia dan kolega. Beban yang mereka tanggung dari segi mental maupun fisik sudah pasti akan bertambah.

Espargaro pun sangat sadar akan hal itu. Pembalap yang musim lalu berseragam Repsol Honda itu pun mengungkapkan bahwa dirinya harus menambah latihan fisik dan juga massa ototnya agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal dalam menaklukkan tantangan baru tersebut.

“Banyak yang akan berubah, terutama di musim mendatang dengan dua balapan per akhir pekan. Dalam kasus saya, sprint tambahan membuat saya sedikit mengubah program latihan,” kata Espargaro dilansir dari Speedweek, Jumat (17/2/2023).

“Lap cepat penting tahun lalu, misalnya, tetapi sekarang kualifikasi dua kali lebih penting karena putaran ini menentukan dua kali posisi grid Anda di akhir pekan. Selain itu, ada balapan sprint, jadi Anda harus sangat cepat dalam waktu singkat, jadi saya mengubah latihan saya dan mencoba menambah beberapa kilo massa otot agar lebih cepat di satu putaran dengan mampu mendorong motor sedekat mungkin dengan batas untuk satu putaran itu,” tambahnya.

Lebih lanjut, pembalap berusia 31 tahun itu menjelaskan bagaimana pentingnya meningkatkan kekuatan ototnya. Menurutnya, itu akan membuatnya lebih mudah untuk bisa mengendalikan bobot dan beban tenaga motor yang sangat berat sehingga bisa membawa motornya melaju lebih cepat.

“Tentu bagus untuk melatih daya tahan otot, yang membantu Anda dalam 45 menit balapan. Tapi kami tidak melakukan olahraga yang membutuhkan daya tahan super lama," ujar pembalap asal Spanyol itu.

“Tapi terutama di satu lap, bagus untuk memiliki banyak massa otot sehingga Anda bisa menangani motornya sehingga bisa melakukan apa yang Anda inginkan. Semakin kuat otot yang Anda miliki, semakin baik Anda dapat menggerakkan motor dengan banyak tenaga dan bobot, terutama dalam satu putaran. Itulah yang paling saya khawatirkan untuk musim mendatang,” pungkasnya.

Espargaro sendiri mendapatkan hasil yang tak terlalu buruk dalam tes pramusim MotoGP 2023 di Malaysia pada akhir pekan lalu. Waktu terbaiknya menempatkannya di posisi 13 dengan selisih 0,908 detik dengan sang pembalap tercepat, Luca Marini, yang membukukan waktu di angka 1 menit 57,889 detik.

Tes pramusim terakhir sebelum musim baru dimulai akan digelar di Portimao, Portugal pada 11-12 Maret mendatang. Pastinya itu menjadi kesempatan bagus bagi GASGAS dan juga Espargaro untuk semakin mematangkan persiapan mereka menuju MotoGP 2023.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2359 seconds (0.1#10.140)