Dani Pedrosa Comeback ke Sirkuit MotoGP 2023 via Jalur Wild Card

Selasa, 21 Februari 2023 - 12:42 WIB
loading...
Dani Pedrosa Comeback ke Sirkuit MotoGP 2023 via Jalur Wild Card
Dani Pedrosa kembali bersaing di MotoGP setelah mendapat wild card/Foto/Twitter
A A A
SABADELL - Dani Pedrosa kembali bersaing di MotoGP setelah mendapat wild card.Pembalap penguji KTM itu akan ikut balapan di MotoGP Spanyol 2023. Dia mengaku mengambil kesempatan itu agar bisa memahami para pembalapnya dengan format baru yang diterapkan di MotoGP.

Pedrosa pensiun dari MotoGP pada 2018. Namun, pembalap asal Spanyol itu mendapat fasilitas wild card untuk tampil. Wild card adalah izin kepada pembalap nonreguler untuk tampil di seri balapan tertentu. Kesempatan ini biasanya diberikan kepada pembalap penguji.



Beberapa waktu lalu, Pedrosa telah dikonfirmasi bakal ikut bersaing di balapan MotoGP Spanyol 2023 di Sirkuit Jerez pada 30 April 2023.

Pedrosa bakal tampil untuk kali pertama sejak MotoGP Styria 2021 di Red Bull Ring. Saat itu dia juga menggunakan fasilitas wild card. Dia terlibat dalam kecelakaan yang cukup parah hingga membuat motor RC16-nya terbakar. Tapi, dia masih dapat melanjutkan balapan dan melewati garis finis di urutan ke-10.



Pembalap berusia 37 tahun itu mengungkapkan dirinya kembali mengambil kesempatan wild card agar bisa memahami situasi para pembalap reguler KTM. Sebab, mulai MotoGP 2023 format baru akan diterapkan dengan adanya tambahan balapan sprint di hari Sabtu.

“Faktanya, format GP yang baru benar-benar mengubah Kejuaraan Dunia. Oleh karena itu, kami perlu sedikit mengejar ketinggalan sehingga kami berbicara dalam bahasa yang sama dengan para pembalap,” kata Pedrosa dilansir dari Speedweek, Selasa (21/2/2023).

“Saya ingin memahami dinamika format baru ini sehingga saya dapat memahami sudut pandang pembalap saat berbicara dengan teknisi tentang hal-hal tertentu. Ini juga akan membantu saya untuk sesi pengujian kami,” imbuhnya.

Pastinya, jika Pedrosa mengerti apa yang dirasakan oleh para pembalap KTM Red Bull, Brad Binder dan Jack Miller, maka pengembangan RC-16 akan lebih mudah untuk dilakukan. Dia akan bisa menjadi jembatan antara mereka dengan para teknisi di tim pabrikan asal Austria itu.

Selain kembali balapan di Jerez, Pedrosa bakal menjalani tugas baru di MotoGP 2023. Dia akan bertugas menjadi tim komentator dari media Spanyol, DAZN, di beberapa balapan terpilih.

Dengan demikian, mantan pembalap Repsol Honda itu akan semakin sering muncul di paddock MotoGP pada musim 2023. Tentu itu akan semakin mengobati kerinduannya akan balapan di setiap akhir pekan. Setelah memutuskan pensiun sebagai pembalap reguler pada akhir musim 2018.

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1194 seconds (0.1#10.140)