Gara-gara Pandemi Corona, Ajang Chicago Marathon Dibatalkan

loading...
Gara-gara Pandemi Corona, Ajang Chicago Marathon Dibatalkan
Foto/dok
CHICAGO - Satu per satu ajang World Marathon Majors (WMM) 2020 dibatalkan. Kali ini, Chicago Marathon secara resmi ditiadakan akibat pandemi virus corona (Covid-19) yang tidak kunjung reda di Amerika Serikat.

Lomba lari jarak jauh di Chicago itu sebenarnya akan digelar pada 11 Oktober mendatang. Bahkan, acara yang berlangsung untuk ke-43 ini rencananya diikuti sekitar 45 ribu pelari serta atlet-atlet berkursi roda. Sayangnya, masalah krisis kesehatan memaksa pemerintah Chicago lebih memilih untuk membatalkan kejuaraan marathon bergengsi tersebut.

"Chicago Marathon adalah ajang tahunan terfavorit warga kota ini. Kami kecewa karena Chicago Marathon tahun ini tidak bisa diadakan. Tapi kami tetap mengharapkan kehadiran para pelari pada penyelenggaraan Chicago Marathon berikutnya," kata Wali Kota Chicago Lori Lightfoot dilansir cbschicago. (Baca: Zidane: saya Teriak karena Madrid Sedang Menderita)

Begitu juga dengan Direktur Perlombaan Chicago Marathon Carey Pinkowski. Dia mengaku sangat sedih dengan keputusan pembatalan. Menurut dia, kebijakan tersebut telah dipertimbangkan dengan baik oleh seluruh pihak, memerintah setempat, dan sponsor. Dia juga memahami kekecewaan yang dirasakan segenap warga Chicago, dan pelari lari jarak jauh dari seluruh dunia.



"Suatu hari nanti, saat ajang ini digelar kembali, Chicago Marathon akan menjadi momen perayaan untuk kita semua. Kita kuat, pantang menyerah dan pasti akan sampai di garis finis,” ungkap Pinkowski.

Chicago Marathon menjadi WMM keempat yang dibatalkan pada tahun ini. Sebelumnya, Boston Marathon yang awalnya dijadwalkan pada April sempat digeser ke September 2020, namun akhirnya harus dibatalkan. Begitu juga dengan Berlin Marathon dan New York Marathon juga batal digelar akibat pandemi Covid-19. (Baca juga: Empat Publik Figur Ikuti Lomba Maraton Internasional)

Sedangkan Tokyo Marathon sudah lebih dulu diselenggarakan pada awal Maret 2020 dan hanya diikuti oleh pelari-pelari elite dan atlet berkursi roda. Kini, hanya tersisa London Marathon yang awalnya direncanakan pada 26 April, tapi kemudian digeser menjadi 4 Oktober 2020. Akan tetapi, belum ada pengumuman lebih lanjut apakah tetap diselenggarakan atau tidak.



Bagi Chicago, ini adalah kedua kalinya kota tersebut membatalkan lomba marathon sejak pertama kali secara resmi diselenggarakan pada 1977. Sebelumnya, mereka juga gagal terselenggara pada 1987. Ketika itu masalahnya karena sponsor utama menarik diri dari acara tersebut.

Dengan pembatalan ini, Chicago akan mengalami kerugian yang cukup besar. Sebab, acara tersebut selalu memberikan dampak ekonomi yang sangat baik untuk kota tersebut. Sebab, ada lebih dari 45.000 pelari dan hampir dua juta penonton diprediksi hadir di Chicago. Tetapi, Pinkowski mengatakan bahwa keselamatan dan keselamatan seluruh pihak adalah prioritas paling penting saat ini. (Lihat videonya: Tak Hanya HH, Sejumlah Selebritas Ini Juga Pernah Terlibat Prostitusi Online)

Untuk yang sudah mendaftar ikut di Chicago Marathon, panitia akan mengembalikan uang pendaftaran kepada para peserta. Namun, mereka juga memiliki opsi lain yaitu mengalokasikan seluruh biaya untuk Chicago Marathon pada tahun depan, atau 2022 atau 2023. (Raikhul Amar)
(ysw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top