Profil Huswatun Khasanah, Petinju Wanita Anggota TNI AD Bikin Sejarah di Asian Games 2018

Sabtu, 25 Februari 2023 - 16:03 WIB
loading...
Profil Huswatun Khasanah, Petinju Wanita Anggota TNI AD Bikin Sejarah di Asian Games 2018
Huswatun Khasanah mengharumkan nama baik Indonesia melalui prestasinya di dunia tinju/Foto/youtube.com
A A A
JAKARTA - Huswatun Khasanah mengharumkan nama baik Indonesia melalui prestasinya di dunia tinju wanita. Pencapaian terbaiknya dia torehkan saat masih berpangkat Sertu di Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) TNI Angkatan Darat.

Dikutip dari laman tni.mil.id, pangkat Sertu merupakan pangkat bintara peringkat kelima dalam kemiliteran di Indonesia. Pangkat ini berada satu tingkat dibawah sersan kepala dan satu tingkat di atas sersan dua atau setara dengan Brigadir Polisi Satu dalam Kepolisian Republik Indonesia/Polri.



Huswatun dilirik TNI dan ditawari menjadi abdi negara setelah berhasil menyabet gelar nasional di kejuaraan PON 2016 dari cabang olahraga tinju.

Memiliki bakat sebagai petinju dimulai ketika dirinya tidak menemukan kecocokan saat menekuni beladiri taekwondo. Sehingga Huswatun memutuskan untuk berpindah dan menekuni olahraga tinju.



"Berapa lama saya rasa enggak cocok gitu di Taekwondo, akhirnya saya punya orang tua angkat sekaligus pelatih saya, mengajak saya untuk mencoba olahraga tinju," ujar Huswatun dikutip dalam laman YouTube TNI AD, Senin (4/7/2022).

Meski tekadnya sudah bulat, rintangan kerap menghantui Anggota Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) TNI ini. Salah satunya, datang dari kedua orang tuanya. Menurutnya, orang tuanya kerap tidak setuju dengan apa yang dipilih Huswatun, terlebih saat memilih olahraga tinju.

"Awal mula orang tua juga tidak setuju saya mengikuti olahraga tinju, karena mungkin orang tua mikir olahraga tinju memang keras untuk perempuan kaya saya, tidak cocok dan tidak banyak atlet tinju perempuan," terangnya.

Meski begitu, Huswatun terus berlatih dan menekuni olahraga tinju hingga menyabet gelar juara. Sehingga, lambat laun, hati orang tuanya melunak dan kerap menjadi orang pertama yang turut men-support perjuangan tinju Huswatun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2825 seconds (0.1#10.140)