Profil Az-Zahra Putri Dania, Atlet Pelatnas PBSI Peraih Perunggu di Piala Suhandinata 2022

Senin, 27 Februari 2023 - 13:00 WIB
loading...
Profil Az-Zahra Putri Dania, Atlet Pelatnas PBSI Peraih Perunggu di Piala Suhandinata 2022
Indonesia kehilangan salah satu talenta muda berbakat, Az-Zahra Putri Dania. Atlet muda pelatnas PBSI itu menghembuskan nafas terakhirnya karena sakit pada Senin (27/2/2023) / Foto: Instagram Az Zahra Putri Dania (@dania_badminton)
A A A
JAKARTA - Indonesia kehilangan salah satu talenta muda berbakat, Az-Zahra Putri Dania. Atlet muda pelatnas PBSI itu menghembuskan nafas terakhirnya karena sakit pada Senin (27/2/2023).

"Keluarga besar PP PBSI mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya salah satu atlet muda Indonesia. Az-Zahra Putri Dania menghembuskan nafas terakhirnya hari ini, 27 Februari 2023 dikarenakan sakit. Semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Amin," tulis akun resmi PBSI.

Kabar duka tersebut membuat Indonesia harus kehilangan salah satu atlet muda berbakatnya. Pasalnya Az-Zahra Putri Dania menghembuskan pada usia 19 tahun dan masih memiliki karier panjang untuk bisa menjadi salah satu atlet bulu tangkis terhebat di dunia.

BACA JUGA: Az-Zahra Putri Dania, Pebulu Tangkis Muda Indonesia Meninggal Dunia

Lantas seperti apa sepak terjang Dania di olahraga bulu tangkis?

Az-Zahra Putri Dania merupakan atlet bulu tangkis di nomor ganda campuran. Ia lahir di Bogor pada 27 September 2004 dan menjadi salah satu pebulu tangkis Indonesia berbakat.

Saat ini, Az-Zahra Putri Dania tampil di nomor ganda campuran bersama Rafli Ramanda. Keduanya berhasil masuk ke Pelatnas PBSI usai menjadi juara di ajang Seleksi Nasional pada 2022.

Az-Zahra Putri juga menjadi bagian tim junior Indonesia yang berhasil meraih perunggu di Piala Suhandinata 2022 di Santander, Spanyol. Kala itu, Indonesia harus terhenti di babak semifinal usai menelan kekalahan 2-3 dari Taiwan.

Bersama Rafli Ramanda, Az-Zahra Putri Dania berhasil menembus ranking 16 dunia di sektor ganda campuran. Az-Zahra Putri Dania juga pernah berpasangan dengan Sherly Asti Pratiwi di nomor ganda putri.

Sebelum masuk ke Pelatnas PBSI, Az-Zahra Putri Dania memulai karirnya di Eng Hian Badminton Academy (EHBA). Az-Zahra Putri Dania bergabung dengan EHBA pada usia 10 tahun terus bekerja keras dan berhasil menembus Pelatnas PBSI.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1638 seconds (0.1#10.140)