Terungkap 2 Alasan MMA Larang Gerakan Aikido

Kamis, 02 Maret 2023 - 08:02 WIB
loading...
Terungkap 2 Alasan MMA Larang Gerakan Aikido
Terungkap 2 Alasan MMA Larang Gerakan Aikido
A A A
JAKARTA - Seni bela diri campuran atau lebih dikenal dengan sebutan Mixed Martial Arts ( MMA ) merupakan olahraga kontak fisik yang memperbolehkan berbagai teknik beladiri untuk mendapatkan kemenangan. Namun, seni bela diri Jepang, Aikido dilarang dalam pertarungan MMA.

MMA dipopulerkan melalui kompetisi global Ultimate Fighting Championship (UFC) pada 1993 ide dari Art Davien, Rorion Gracie dan John Milius. Sementara dalam MMA terdapat beberapa jenis seni bela diri yang sering dipakai, yakni Muay Thai, Karate, Taekwondo, Judo dan Jujitsu.



Conor McGregor, Israel Adesanya, Khabib Nurmagomedov dan Islam Makhachev adalah beberapa petarung MMA terkenal di dunia. Sementara Jeka Saragih menjadi satu-satunya petarung MMA yang mendapatkan kontrak untuk bertarung di UFC.

Meski dikenal dengan bela diri campuran, tetapi MMA melarang gerakan Aikido. Berikut dua alasan utama MMA melarang gerakan Aikido dalam pertarungan:

1. Dianggap Tak Kompetitif

Aikido merupakan seni bela diri dan menjadi akar dari budaya tradisional Jepang. Berbeda dengan seni bela diri Jepang lainnya, Aikido tak memfokuskan kecepatan serta kekuatan fisik, tetapi lebih mengutamakan teknik dalam pertarungan.

Teknik-teknik Aikido sendiri lebih banyak menghindar, kuncian dan lemparan yang tampak seperti membanting lawannya. Sementara banyak perguruan Aikido menghilangkan teknik pukulan dan tendangan karena bertujuan untuk memanfaatkan semua kemungkinan agar bisa mengalahkan lawannya.

Berbeda dengan Karate dan Judo yang sama-sama berasal dari Jepang, Aikido merupakan seni bela diri non ofensif dan non kompetitif serta lebih menekankan pada nilai-nilai filosofis tanpa menghilangkan esensi dari bela diri itu sendiri. Hal tersebut menjadi alasan utama Aikido tak bisa digunakan dalam pertarungan MMA, dimana setiap pertarung ingin mengalahkan lawannya dengan cepat.

2. Aturan MMA


Selain dianggap tak kompetitif, teknik-teknik Aikido juga menimbulkan masalah dengan aturan MMA. Demi menjaga keselamatan petarung MMA, UFC pun membuat beberapa aturan dalam penggunaan teknik bertarung.

MMA pun melarang setiap petarung mengincar bagian kepala lawannya serta bagian kelamin, karena sangat berbahaya. Sementara dalam teknik-teknik pertarungan Aikido terdapat serangan yang mengarah ke bagian kepala, sehingga hal tersebut melanggaran aturan MMA.

Salah satu teknik Aikido yang cukup berbahaya, jika digunakan dalam pertarungan di MMA adalah Tenchinage. Dikenal dengan gerakan melempar surga dan bumi dimana praktisi aikido menarik tangan dan menyebabkan lawannya kehilangan kesemimbangan, kemudian tagangan satunya memegang bagian kepala lawannya untuk membantingnya.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)