Toprak Razgatlioglu Salah Strategi Pilih Ban di Race 1 WSBK Indonesia 2023

Minggu, 05 Maret 2023 - 09:00 WIB
loading...
Toprak Razgatlioglu Salah Strategi Pilih Ban di Race 1 WSBK Indonesia 2023
Toprak Razgatlioglu mengaku memilih main aman pada balapan pertama (Race 1) World Superbikes (WSBK) Indonesia 2023 di Sirkuit Mandalika, Sabtu (4/3/2023) kemarin / Foto: screenshot Instagram Toprak Razgatl?o?lu (@toprak_tr54)
A A A
LOMBOK - Toprak Razgatlioglu mengaku memilih main aman pada balapan pertama (Race 1) World Superbikes (WSBK) Indonesia 2023 di Sirkuit Mandalika, Sabtu (4/3/2023) kemarin. Ini bukan lantaran ia tidak mampu menggeber kecepatan motornya, namun ia mengalami masalah pada ban bagian depan.

Pada race pertama, Toprak Razgatlioglu memulai balapan dari posisi terdepan. Namun setelah lima lap, ia gagal mempertahankan posisinya dan harus menyerahkan kepada Alvaro Bautista.

Setelah disalip Bautista, Toprak Razgatlioglu memilih bermain aman. Pembalap asal Turki tersebut hanya bisa mengikutinya saja hingga akhirnya finis di peringkat kedua dengan selisih 4,8 detik dari Bautista.



Pasca balapan, Toprak Razgatlioglu membeberkan masalah yang dihadapinya selama mengaspal di Sirkuit Mandalika. Dia menjelaskan bahwa ban depannya aus cukup cepat sehingga dia tak mampu mengimbangi Bautista.

"Pada race pertama ini saya tidak menggeber di awal. Tapi Álvaro memiliki ritme yang luar biasa dan saya mengikutinya. Tapi setelah hanya delapan sampai sembilan lap, ban depan mulai berkurang bobotnya, yang sangat mengejutkan saya karena saya memilih SC2. Di tikungan 5, 6 dan 7 saya beberapa kali hampir jatuh. Jadi saya mencoba membawa pulang posisi terbaik," kata Toprak dilansir dari Speedweek, Sabtu (4/3/2023).



Toprak Razgatlioglu mengakui bahwa dirinya salah dalam menerapkan strategi pemilihan ban. Menurutnya, pemilihan ban yang lebih lunak yang dilakukan oleh juara WSBK 2022 itu sangat tepat dan itu membuatnya terkejut.

"Hanya karena pemilihan ban depan Alvaro bisa mengungguli Yamaha. Ban depan saya hancur dan saya hampir tidak bisa masuk ke tikungan," jelas pembalap beragama Islam itu.

"Saya pikir ban yang lebih keras akan lebih aman dalam kondisi panas, tetapi Álvaro mengambil ban yang lebih lembut dan terlihat seperti baru, saya sangat terkejut saat melihatnya," pungkasnya.

Kendati gagal mengamankan kemenangan di race pertama, namun Toprak Razgatlioglu masih berpeluang untuk naik podium di Sirkuit Mandalika. Pasalnya, race kedua bakal berlangsung hari ini, Minggu (5/3/2023) pukul 12.30 WIB.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1252 seconds (0.1#10.140)