4 Pemain Asing Bebas, 1 ASEAN di Liga 1 Musim Depan

Minggu, 05 Maret 2023 - 21:50 WIB
loading...
4 Pemain Asing Bebas, 1 ASEAN di Liga 1 Musim Depan
Ketua Umum PSSI Erick Thohir menetapkan regulasi baru terkait penggunaan pemain asing di Liga 1 musim depan / Foto: PSSI
A A A
JAKARTA - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menetapkan regulasi baru terkait penggunaan pemain asing di Liga 1 musim depan. Salah satu ide menariknya adalah penambahan pemain asing untuk mengikuti kompetisi kasta teratas Indonesia menjadi lima pemain atau empat pemain asing (bebas) dan satu untuk Asia Tenggara.

Ide baru tersebut muncul pada seserahan yang berlangsung di Surabaya pada akhir pekan lalu. Tentu saja ini bakal menambah keseruan kompetisi kasta tertinggi sepak bola di Tanah Air.

Erick Thohir menegaskan PSSI menyambut baik ide tersebut. Hanya saja, setiap klub di Liga 1 nantinya hanya boleh memakai jasa satu pemain naturalisasi. Itu semua demi memberikan jatah bermain kepada para pemain lokal.

Baca Juga: Hasil Piala Asia U-20 2023: Korea Selatan U-20 Tinggal Seujung Kuku ke Perempat Final usai Kalahkan Yordania

"Aturan pemain asing disesuaikan dengan liga di Asia Tenggara, yaitu 5+1. Disepakati lima non dan satu Asia Tenggara," kata Erick Thohir dalam konferensi pers di GBK Arena, Minggu (5/3/2023).

"Kami (PSSI) silahkan saja. Tapi kami juga ambil posisi. Kalau bisa dan harus bisa, naturalisasi hanya satu orang di tiap tim agar pemain lokal bisa main," jelasnya.

Baca Juga: Hasil Piala Asia U-20 2023: Tajikistan Menang 1-0, Oman Angkat Koper

Meski begitu, nantinya pemain asing yang boleh dimainkan oleh tim Liga 1 dalam satu pertandingan dibatasi lima pemain. Namun, tiap klub boleh mengontrak enam pemain.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1051 seconds (0.1#10.140)