Kalah Telak dari Vietnam U-20, Rudi Eka: Timnas Putri Indonesia U-20 Tampil Panik

Rabu, 08 Maret 2023 - 22:31 WIB
loading...
Kalah Telak dari Vietnam U-20, Rudi Eka: Timnas Putri Indonesia U-20 Tampil Panik
Kalah Telak dari Vietnam U-20, Rudi Eka: Timnas Putri Indonesia U-20 Tampil Panik. Foto: PSSI
A A A
PHU-THO - Timnas Putri Indonesia U-20 harus menelan kekalahan telak dari Vietnam U-20 di pertandingan pertama Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2024. Pelatih Garuda Pertiwi -julukan Timnas Indonesia U-20, Rudi Eka mengakui timnya tampil panik sehingga dan membuat kecolongan gol pada menit awal.

Pertandingan tersebut berlangsung di Stadion Viet Tri, Selasa (7/3/2023). Timnas Putri Indonesia U-20 harus mengakui kehebatan Vietnam U-20 dengan skor 0-3.



Bermain di kandang sendiri Vietnam U-20 langsung mendapatkan keunggulan pada menit kedua melalui Hoang Van. Sementara pada menit kedelapan, Ngoc Anh menambah keunggulan Vietnam U-20.

Vietnam U-20 pun kembali menambah keunggulan melalui tendangan penalti Vua Hoa pada menit ke-36. Hingga pertandingan selesai, Timnas Putri Indonesia U-20 gagal mencetak gol balasan dan membuat tim tuan rumah mendapatkan poin penuh.

Selepas pertandingan, Rudi Eka mengakui Timnas Putri Indonesia U-20 tampil diluar ekspektasi. Ia menilai Garuda Pertiwi tampil panik, sehingga kemasukan gol cepat.

“Permainan tim di awal pertandingan tidak sesuai dengan ekspektasi. Para pemain panik dan bermain tidak tenang hingga kami kebobolan di awal-awal laga," kata Rudi Eka dikutip dari laman PSSI, Rabu (8/3/2023).

Sementara Rudi Eka menjelaskan Vietnam U-20 berbeda dengan terakhir kali dihadapi oleh Timnas Putri Indonesia U-20 saat di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Kekalahan dari Vietnam U-20 menjadi evaluasi untuk Garuda Pratiwi agar bisa tampil lebih baik di pertandingan selanjutnya.

"Sebaliknya, permainan Vietnam sangat baik dan intensitasnya begitu cepat. Strategi untuk tim lawan sangat baik, berbeda saat pertama kali kami berhadapan di Palembang dan ini tentu menjadi bahan evaluasi bagi tim di pertandingan selanjutnya,” ucapnya.

Senada dengan Rudi Eka, Helsya Maesaroh mengakui Timnas Putri Indonesia U-20 bermain kurang tenang dan kehilangan fokus usai kemasukan gol cepat. Ia ingin timnya bisa mengatasi permasalah komunikasi untuk dua pertandingan selanjutnya.

“Hari ini kami bermain kurang tenang apalagi fokus sempat hilang saat kebobolan di awal pertandingan. Komunikasi harus ditingkatkan lagi karena masih ada dua pertandingan yang harus dihadapi," tuturnya.

Usai menelan kekalahan dari Vietnam U-20, Timnas Putri Indonesia U-20 akan menghadapi India dan Singapura. Tim besutan Rudi Eka itu harus bisa tampil maksimal untuk mengamankan posisi di klasemen akhir Grup F Kulifikasi Piala Asia U-20 2024.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1020 seconds (0.1#10.140)