Federasi Sepak Bola Iran Tunjuk Amir Ghalenoei Sebagai Pelatih Tim Nasional

Senin, 13 Maret 2023 - 03:13 WIB
loading...
Federasi Sepak Bola Iran Tunjuk Amir Ghalenoei Sebagai Pelatih Tim Nasional
Federasi Sepak Bola Iran Tunjuk Amir Ghalenoei Sebagai Pelatih Tim Nasional
A A A
JAKARTA - Federasi Sepak Bola Iran telah menunjuk Amir Ghelanoei sebagai pelatih tim nasional yang baru, menggantikan Carlos Queiroz yang sebelumnya menjabat sebagai pelatih tim tersebut. Pernyataan ini diumumkan oleh Federasi Sepak Bola Iran dan dikutip oleh AFP. Amir Ghalenoei terpilih berdasarkan tinjauan teknis dan kesepakatan yang telah dibuat. Namun, tidak ada rincian kontrak yang diumumkan.

Sebelumnya, Ghelanoei merupakan arsitek dari klub sepak bola Iran, Gol Gohar. Setelah kemenangan klubnya 4-0 atas Naft Masjed Soleyman, Federasi Sepak Bola Iran menunjuknya sebagai pelatih kepala tim nasional sepak bola Iran. Queiroz meninggalkan kursi pelatih Iran setelah gagal membawa negara itu lolos dari fase grup pada Piala Dunia di Qatar tahun lalu.

Baca Juga: Ancelotti Cetak Rekor Sensasional sebagai Pelatih Sepak Bola

Ghalenoei adalah pelatih tersukses sepanjang sejarah liga sepak bola Iran, dengan lima gelar juara. Dia tiga kali membawa klub besar asal Teheran, Esteghlal FC, dan dua gelar juara bersama FC Sepahan. Sebelumnya, Ghelanoei telah menjadi pelatih timnas Iran pada 2006 sampai 2007. Namun, kontraknya kemudian berakhir setelah timnas Iran disingkirkan oleh Korea Selatan pada perempat final Piala Asia 2007.

Ghalenoei yang juga pernah berseragam timnas Iran, mencatat satu gol di level internasional saat Iran melawan Kuwait dalam pertandingan persahabatan pada 1996. Meskipun demikian, masih belum diketahui apakah Ghelanoei akan membawa keberhasilan bagi tim nasional sepak bola Iran di masa depan.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0974 seconds (0.1#10.140)