Hasil Liga Champions 2022/2023: Erling Haaland Kemas 5 Gol, Manchester City ke Perempat Final Usai Bantai RB Leipzig

Rabu, 15 Maret 2023 - 05:02 WIB
loading...
Hasil Liga Champions 2022/2023: Erling Haaland Kemas 5 Gol, Manchester City ke Perempat Final Usai Bantai RB Leipzig
Manchester City lolos ke perempat final (babak 8 besar) Liga Champions 2022/2023 usai membantai RB Leipzig/Foto/Reuters
A A A
MANCHESTER - Manchester City lolos ke perempat final (babak 8 besar) Liga Champions 2022/2023 usai membantai RB Leipzig 7-0 pada leg kedua babak 16 besar di Etihad Stadium, Rabu (15/3/2023) dini hari WIB. Erling Haaland memborong lima gol dalam laga itu.

Catatan itu menjadi istimewa bagi Haaland. Catatan staitisk Opta, Haaland menjadi pemain ketiga yang mencetak lima gol dalam satu pertandingan Liga Champions setelah Luiz Adriano pada Oktober 2014 (Shakhtar Donetsk vs BATE Borisov) dan Lionel Messi pada Maret 2012 (Barcelona vs Bayer Leverkusen).

Lima gol tersebut membuat totalnya di Liga Champions muim ini menjadi 10 dari enam penampilan. Yang menarik, dua gol pertama Haaland membuat sang penyerang mencetak 30 gol di kompetisi klub elite Eropa. Dia mencatat rekor sebagai pemain tercepat yang mencatat 30 gol hanya dalam 25 pertandingan.

Rekor sebelumnya dipegang mantan striker Manchester United dan Real Madrid Ruud van Nistelrooy, yang mencetak 30 gol dalam 34 pertandingan pertamanya. Haaland juga menjadi pemain termuda (22 tahun 236 hari) yang mencetak 30 gol tercepat.

Kemenangan City 7-0 menjadikan Pasukan Pep Guardiola lolos ke perempat final dengan keunggulan agregat 8-1. Pada leg pertama di Red Bull Arena, Leipzig, 23 Februari 2023, laga berakhir imbang 1-1. Gol Man City dicetak Riyad Mahrez pada menit ke-27' yang dibalas RB Leipzig via Josko Gvardiol menit ke-70'.

Man City mendominasi pertandingan leg kedua. Pasukan Pep Guardiola menekan sejak babak pertama. Keran gol Man City dibuka Haaland pada menit ke-20 lewat penalti menit ke-22'. Sepakan kaki kirnya menuju pojok kanan bawah gawang Janis Blaswich. Kiper Leipzig itu bisa mengatispasi arah bola, namun kerasnya sepakan Haaland membuat Blaswich terlambat menepis.

Haaland menambah keunggulan Man City di menit ke-24'. Bermula sepakan Kevin De Bruyne membentur tiang atas. Haaland yang berada di kotak tak menyia-nyiakan bola pantulan dan langsung menyambar dengan kepalanya. Haaland melengkapi babak pertama dengan mencetak hat-trick pada menit ke-45+2'.

Di babak kedua, Man City tak mengurangi tekanan. Ilkay Guendogan menambah keunggulan menit ke-49', menyambar umpan Jack Grealish. Lalu, berturut-turut Haaland menambah pundi golnya menit ke-53' dan 57'. Kevin De Bruyne menuutp pesta gol ManCity menit ke-90=2'.

RB Lepzig kini menjadi tim yang paling sering dibobol Haaland, dengan 11 gol. Sedangkan Sevilla dan klub Austria Wolfsberger di bawahny dengan 6 gol.

The Citizens belum pernah kalah di kandang di Liga Champions dalam 24 pertandingan terakhir mereka, menang 22 kali dan seri dua kali selama itu. Man City juga mencatat tujuh kemenangan kandang beruntun sejak bermain imbang melawan Everton pada Malam Tahun Baru.

Susunan pemain

Manchester City (4-3-3): Ederson; John Stones, Manuel Akanji, Ruben Dias, Nathan Ake; Rodri, Ilkay Gundogan, Kevin De Bruyne; Bernardo Silva, Erling Haaland, Jack Grealish
Cadangan: Ortega, Carson, Walker, Lewis, Laporte, Gomez, Phillips, Perrone, Foden, Mahrez, Alvarez, Palmer.
Pelatih: Pep Guardiola

RB Leipzig (4-2-3-1): Janis Blaswich; David Raum, Josko Gvardiol, Willi Orban, Benjamin Henrichs; Konrad Laimer, Amadou Haidara; Dominik Szoboszlai, Kevin Kampl, Emil Forsberg; Timo Werner.
Cadangan: Nickisch, Nyland, Simakan, Halstenberg, Klostermann, Andre Silva, Olmo, Ba, Poulsen.
Pelatih: Marco Rose
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1489 seconds (0.1#10.140)