Biodata Rudy Hartono, Juara All England Tunggal Putra Terbanyak Sepanjang Sejarah

Kamis, 16 Maret 2023 - 22:00 WIB
loading...
Biodata Rudy Hartono, Juara All England Tunggal Putra Terbanyak Sepanjang Sejarah
Rudy Hartono merupakan salah satu legenda bulu tangkis Indonesia sekaligus pemegang rekor juara tunggal putra All England. Foto: Twitter
A A A
JAKARTA - Rudy Hartono merupakan salah satu legenda bulu tangkis Indonesia sekaligus pemegang rekor juara tunggal putra All England.



Tak hanya menjadi kampiun 8 kali di All England, namanya juga tercatat sebagai Juara Dunia tunggal putra pada kejuaraan Dunia BWF pada 1980. Selama kariernya, Rudy sudah mengemas 4 trofi Thomas Cup.

Dari sekian banyak rekor yang diraihnya itu, sampai saat ini beberapa diantaranya sulit dipecahkan oleh pebulu tangkis manapun. Ini sebabnya pemilik nama lengkap Rudy Hartono Kurniawan itu menjadi pebulutangkis paling terkenal.

Rudy lahir dengan nama kecil Nio Hap Liang di Surabaya, pada 18 Agustus 1949. Dia berasal dari keluarga yang jago dalam permainan bulu tangkis.

Zulkarnain Kurniawan ayah dari Rudy dulunya juga seorang pebulu tangkis. Selain itu, salah satu adiknya Utami Dewi juga merupakan juara nasional sebanyak 5 kali dan mantan anggota tim Piala Uber Indonesia.

Rudy muda pada mulanya menggeluti banyak jenis olahraga diantaranya atletik, bola voli, sepak bola dan sepatu roda. Namun, kemampuan atletiknya itu akhirnya membawanya ke dunia bulu tangkis.

Bakatnya itu kemudian ditempa ayahnya melalui Persatuan Bulu Tangkis Oke dengan melalui proses latihan yang cukup ketat.

Pada sesi latihan Rudy selalu ditekankan pada empat hal yakni, kecepatan, pengaturan napas, sifat permainan yang agresif dan konsistensi dalam mengambil target.

Namun dalam perkembangannya, Rudy kemudian memutuskan untuk pindah ke Pusat Pelatihan Nasional pada tahun 1965 dalam rangka mempersiapkan diri menuju persiapan Piala Thomas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2033 seconds (0.1#10.140)