Cedera Akibat Ditabrak Marc Marquez, Miguel Oliveira Absen di MotoGP Argentina 2023

Selasa, 28 Maret 2023 - 08:30 WIB
loading...
Cedera Akibat Ditabrak Marc Marquez, Miguel Oliveira Absen di MotoGP Argentina 2023
Miguel Oliveira ditandu usai kecelakaan ditabrak Marc Marquez di Algarve International Circuit, Portimao, Portugal. Foto: REUTERS/Marcelo Del Pozo
A A A
LISBON - Pembalap Cryptodata RNF Aprilia, Miguel Oliveira, dipastikan absen dalam seri MotoGP Argentina 2023 yang berlangsung pada akhir pekan ini. Hal itu disebabkan oleh cedera yang dialaminya setelah menjadi korban tabrakan dari Marc Marquez dalam balapan utama di GP Portugal pada akhir pekan kemarin.

Seperti yang diketahui, Oliveira mengalami nasib sial saat tampil di depan publiknya sendiri dalam balapan utama di Sirkuit Algerve pada Minggu, 26 Maret 2023. Balapannya berakhir pada lap kedua setelah ia ditabrak dari belakang oleh sang bintang Repsol Honda di Tikungan 3.



Pembalap asal Portugal itu terkena benturan yang sangat keras dari Marquez dan terpental dari motornya hingga berakhir di Gravel. Pada awalnya, ia dikabarkan tidak menderita cedera yang parah usai diperiksa di pusat medis sirkuit, tetapi ternyata keadaannya lebih buruk setelah menjalani tes MRI di rumah sakit di Lisbon. Akibatnya, ia dipastikan tidak dapat berpartisipasi dalam balapan selanjutnya di MotoGP Argentina 2023 pada akhir pekan ini.

“Miguel Oliveira tidak akan berpartisipasi di Grand Prix Argentina mendatang karena cedera baru-baru ini. Menyusul kecelakaannya di Grand Prix Portugal, Oliveira menjalani pengujian lebih lanjut di kampung halamannya di mana kerusakan lebih lanjut terungkap, yang tidak memungkinkannya untuk memulai GP kedua musim ini,” tulis pernyataan resmi Cryptodata RNF Aprilia, Selasa (28/3/2023).

Meski demikian, mantan pembalap KTM Red Bull tersebut diharapkan kembali pada seri ketiga di MotoGP Amerika Serikat 2023 dua pekan kemudian. Tim satelit Aprilia itu tidak akan mencari pengganti untuk Oliveira dalam balapan di Argentina.

“Meski mengalami kemunduran, Oliveira tetap berkomitmen pada tujuannya untuk menjadi kompetitif di Kejuaraan Dunia dan akan fokus pada pemulihannya untuk kembali ke pelana Aprilia RS-GP pada putaran ketiga musim di Austin, Texas hanya dua minggu kemudian,” lanjut pernyataan timnya.

“Seluruh tim CryptoDATA RNF MotoGP berharap Oliveira cepat pulih dan menantikan kembalinya dia ke balapan. Dia tidak akan digantikan di Argentina,” tutup pernyataan itu.

Dengan absennya Oliveira, seri MotoGP Argentina 2023 akan berlangsung tanpa empat dari 22 pembalap reguler yang ada. Tiga rider lainnya yang juga tidak dapat berpartisipasi karena cedera adalah Pol Espargaro, Enea Bastianini, dan Marc Marquez.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3292 seconds (0.1#10.140)