Nasib 3 Pemain Naturalisasi usai Batal Gelar Piala Dunia U-20, Zainudin Amali: Lanjut Saja!

Kamis, 30 Maret 2023 - 19:33 WIB
loading...
Nasib 3 Pemain Naturalisasi usai Batal Gelar Piala Dunia U-20, Zainudin Amali: Lanjut Saja!
Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Zainudin Amali memastikan proses naturalisasi Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner tetap berlanjut / Foto: Kolase
A A A
JAKARTA - Indonesia secara resmi batal menggelar Piala Dunia U-20. Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Zainudin Amali memastikan proses naturalisasi Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner tetap berlanjut.

FIFA resmi mengumumkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada Rabu (29/3/2023) malam WIB. Alhasil, Timnas Indonesia U-20 harus mengubur mimpinya untuk berlaga di ajang tersebut.

Timnas Indonesia berhak tampil di Piala Dunia U-20 karena berstatus tuan rumah. Dengan dicabutnya status tuan rumah membuat Garuda Nusantara tak bisa mengikuti ajang tersebut.



Sementara batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 membuat nasib Justin Hubner, Rafael Struick dan Ivar Jenner menjadi tanda tanya. Pasalnya, ketiga pemain itu tinggal mengambil sumpah menjadi Warga Negara Indonesia.

Permohonan naturalisasi ketiganya sudah mendapatkan persetujuan dari DPR pekan lalu. Usai disetujui DPR proses naturalisasi berlanjut ke Sekretariat Negara (Setneg) untuk mendapatkan surat Keputusan Presiden (Keppres) dari Presiden Joko Widodo.

Kemudian, Justin Hubner, Rafael Struick dan Ivar Jenner akan mengambil sumpah di depan Kementerian Hukum dan Ham. Jika semua rangkaian sudah dilalui ketiganya sah menjadi WNI dan bisa membela Timnas Indonesia.



Sementara Zainudin Amali mengatakan proses naturalisasi Justin Hubner, Rafael Struick dan Ivar Jenner masih terus berjalan. Mantan Menpora itu menjelaskan ketiga pemain keturunan tersebut tidak ada pertanyaan apa-apa soal batalnya Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 dan juga kelanjutan naturalisasi mereka.

"Itu (proses naturalisasi) sudah jalan, biarin saja, itu kan terpisah. Tidak apa-apa kan sudah proses, lanjut saja," kata Zainudin Amali di Hotel Sultan, Kamis (30/3/2023).

"Tidak ada pertanyaan apa-apa. Kita proses yang ada," lanjutnya.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1790 seconds (0.1#10.140)