Tentara Israel Tembakkan Gas Air Mata di Liga Palestina, Timnas Israel Dicoret dari Piala Dunia U-20?

Sabtu, 01 April 2023 - 09:11 WIB
loading...
Tentara Israel Tembakkan Gas Air Mata di Liga Palestina, Timnas Israel Dicoret dari Piala Dunia U-20?
Tentara Israel menyerbu Stadion Faisal Al Husseini dengan melepaskan tembakan gas air mata ke lapangan dan tribun penonton untuk menghentikan laga final Piala Abu Ammar yang mempertemukan Jabal Al Mukkabber versus Balata FC / Foto: Inside World Football
A A A
AL-RAM - Tragedi kemanusiaan terjadi ketika tentara Israel menyerbu Stadion Faisal Al Husseini dengan melepaskan tembakan gas air mata ke lapangan dan tribun penonton untuk menghentikan laga final Piala Abu Ammar yang mempertemukan Jabal Al Mukkabber versus Balata FC. Akibat serangan tak beralasan tersebut, laga sempat ditunda selama satu jam.

Piala Abu Ammar dinamai menurut nama mantan presiden Palestina Yasser Arafat yang merupakan Ketua Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dari tahun 1969 hingga 2004 dan Presiden Otoritas Nasional Palestina (PNA) dari tahun 1994 hingga 2004. Final kali ini mempertemukan dua tim unggulan, yakni Jabal Al Mukkabber versus Balata FC.

Mengutip laporan Inside World Football, Sabtu (1/4/2023), sekitar pukul 10 malam, dua kendaraan lapis baja Israel masuk ke stadion. Tentara Israel keluar dari kendaraan dan mulai menembakkan gas air mata dari balik tembok.



Dari beberapa foto yang dipublikasikan, pemain serta suporter menjadi korban tembakan gas air mata. Tak sedikit dari mereka tergeletak di lapangan. Peristiwa mencekam ini membuat laga dihentikan selama satu jam agar tim medis dapat memberikan penanganan kepada para korban.

Presiden Federasi Sepakbola Palestina (PFA), Jibril Rajoub,mengutuk tindakan Israel. "PFA akan menghubungi seluruh dunia, termasuk Asia dan Asosiasi Sepakbola Internasional, untuk mengakhiri terorisme ini yang dilakukan kepada olahraga dan para atlet Palestina," katanya.



Serangan brutal tentara Israel dalam sebuah pertandingan sepak bola sangat sulit untuk membantu argumen bahwa mereka adalah warga dunia yang baik. Ini harus menjadi dasar pertimbangan FIFA untuk memberikan sanksi tegas kepada Israel.

FIFA bisa saja mencabut hak Israel U-20 untuk mengikuti Piala Dunia U-20 2023. Namun begitu, hingga saat ini Federasi Sepak Bola Dunia belum memberikan reaksinya.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2747 seconds (0.1#10.140)