INAFOC Dinilai Kurang Peka Respons Timnas Israel Lolos ke Piala Dunia U-20

Sabtu, 01 April 2023 - 18:00 WIB
loading...
INAFOC Dinilai Kurang Peka Respons Timnas Israel Lolos ke Piala Dunia U-20
Pengamat sepak bola Indonesia, Tommy Welly menilai Indonesia FIFA U-20 World Cup 2021 Organizing Committee (INAFOC) kurang peka ketika Timnas Israel U-20 memastikan lolos ke Piala Dunia U-20 2023 / Foto: Screenshot Youtube POLEMIK MNC TRIJAYA
A A A
JAKARTA - Pengamat sepak bola Indonesia, Tommy Welly menilai Indonesia FIFA U-20 World Cup 2021 Organizing Committee (INAFOC) kurang peka ketika Timnas Israel U-20 memastikan lolos ke Piala Dunia U-20 2023 . Menurutnya, INAFOC kurang tanggap untuk merespons lolosnya Timnas Israel U-20.

FIFA resmi mencopot status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 . Batalnya turnamen digelar di Indonesia diduga merupakan buntut dari polemik panjang penolakan terhadap salah satu peserta turnamen, Timnas Israel U-20.

Penolakan ini disampaikan oleh beberapa pihak, termasuk dari pemerintah daerah. Diantara pemerintah daerah tersebut ada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan Gubernur Bali, I Wayan Koster.



Sebelum hari pembatalan, FIFA juga sudah memberikan sinyal-sinyal batalnya turnamen dengan menunda jadwal pengundian fase grup Piala Dunia U-20 2023 . Namun begitu, badan sepak bola dunia itu tidak memberikan keterangan yang jelas soal alasan pembatalan.

Bung Towel menilai pemicu utama batalnya Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia adalah faktor politik, dalam konteks ini adalah penolakan terhadap Timnas Israel U-20. Tetapi demikian, Bung Towel menilai pemerintah seharusnya bisa mengantisipasi hal tersebut.

Menurutnya, pemerintah mempunyai dukungan langsung dengan membentuk INAFOC. Seharusya, kata Bung Towel, masalah di luar sepak bola ini bisa dikerjakan langsung oleh panitia bentukan pemerintah itu.



"Begini, sepak bola dalam kaitan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 itu bukan hajatan PSSI semata tapi juga pemerintah. Karena pada waktu bidding, PSSI sebagai federasi diminta menyertakan surat dukungan (dari pemerintah)," ujar Bung Towel dalam segmen POLEMIK di MNC Trijaya, Sabtu (1/4/2023).

"Nah, oleh karena itu juga pemerintah makanya membentuk panitia nasional, INAFOC, yang isinya kementerian, terus ketuanya Kemenpora waktu itu Zainudin Amali. Itulah yang menurut saya, domain tentang Timnas Israel U-20 ini harus dikerjakan di area itu. Maka pertanyaan besarnya, apa yang dikerjakan INAFOC ketika Timnas Israel U-20 lolos kualifikasi Piala Dunia U-20 2023, Juli 2022 lalu. Pasti ada pembicaraan (dari INAFOC), saya tidak mau berprasangka negatif," tambah Bung Towel.

Namun begitu, Bung Towel justru melihat INAFOC kurang tanggap untuk merespons lolosnya Timnas Israel U-20. Dengan demikian, gelombang penolakan yang sebelumnya tidak terlihat akhirnya membuat terkejut semua pihak.

"Tetapi, soal kepekaan dan sensitivitas melihat sesuatu ini menjadi darurat menurut saya gak kelihatan dalam rentang waktu itu. Sebagai publik tidak melihat hal itu," imbuh Bung Towel.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2207 seconds (0.1#10.140)