Berbasis AI, Mahasiswa UI Ciptakan Aplikasi Satu Parfum 1.000 Aroma

Senin, 03 April 2023 - 09:18 WIB
loading...
Berbasis AI, Mahasiswa UI Ciptakan Aplikasi Satu Parfum 1.000 Aroma
Tim Cakrawala UI yang menciptakan aplikasi satu parfum 1.000 aroma. Foto/Humas UI.
A A A
JAKARTA - Mahasiswa UI menjuarai kompetisi L'Oréal Indonesia Brandstorm 2023 berkat produk inovasi berupa parfum dalam satu kemasan dengan 1000 jenis aroma yang diinginkan. Sebagai juara, langkah mereka selanjutnya adalah ke panggung kompetisi di Eropa.

Produk inovatif ini hasil riset tiga orang mahasiswa Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia (DTE FTUI) yang tergabung dalam Tim Cakrawala.

Mereka memperkenalkan aplikasi Personalized Perfumery System (PERFY) dengan memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) yang dapat memberikan rekomendasi parfum atau wewangian yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya, kapan pun dan di mana pun.

Tim Cakrawala terdiri dari Alvin Filipi (DTE 2019), Julieta Hermawan (DTE 2019), dan Evelyn Velencia Febita (DTE 2020).

Dalam merancang idenya ini, tim tersebut berada di bawah bimbingan dosen Program Studi Teknik Biomedik DTE FTUI, yaitu Dr. Eng. Mia Rizkinia, dan Siti Fauziyah Rahman.

Baca juga: Cara Cek dan Link Pengumuman SPAN-PTKIN 2023, Bisa Diakses Tepat Pukul 10.00 WIB

Berkat ide inovatifnya, Tim Cakrawala berhasil menjadi National Winner Indonesia L'Oréal Brandstorm 2023, yang diumumkan pada Rabu, (29/03) dan berhasil menyisihkan lebih dari 1.600 mahasiswa dari universitas lain di Indonesia.

"Ide ini berawal dari hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa 85% orang ingin tampil wangi saat berada di luar. Banyak yang memiliki koleksi parfum lebih dari satu dengan aroma berbeda untuk acara yang berbeda," ujar Mia Rizkinia, melalui siaran pers, Senin (3/4/2023).

Hingga akhirnya tim mencetuskan ide membuat satu aplikasi parfum yang dapat menghasilkan wangi berbeda-beda tergantung pada pilihan pengguna. Mereka pun menggagas PERFY, yaitu sistem yang menggabungkan teknologi digital dan formulasi wewangian fisik untuk menawarkan sistem wewangian lebih lengkap kepada pengguna.

"PERFY memiliki dua keunggulan, yaitu dari segi aplikasi dan perangkat yang juga ramah untuk teman-teman difabel," lanjutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1734 seconds (0.1#10.140)