Jesse Rodriguez Kalahkan Cristian Gonzalez, Petinju Gen Z Pertama Juara Dunia 2 Divisi

Minggu, 09 April 2023 - 13:00 WIB
loading...
Jesse Rodriguez Kalahkan Cristian Gonzalez, Petinju Gen Z Pertama Juara Dunia 2 Divisi
Jesse Rodriguez Kalahkan Cristian Gonzalez, Petinju Gen Z Pertama Juara Dunia 2 Divisi/ESPN
A A A
Jesse Rodriguez mengalahkan Cristian Gonzalez untuk menjadi juara dunia kelas terbang WBO dengan kemenangan angka mutlak di San Antonio, Amerika Serikat, Minggu (9/4/2023) siang WIB. Jesse 'Bam' Rodriguez sekali lagi menjadi petinju termuda yang berkuasa di dunia tinju.

Petinju berusia 23 tahun yang belum terkalahkan ini kini menjadi pemegang gelar juara dua divisi setelah meraih kemenangan angka mutlak dalam 12 ronde atas Cristian Gonzalez dari Meksiko. Skor pertarungan besar ini adalah 116-112, 117-111 dan 118-110 untuk Rodriguez, yang merebut gelar juara dunia kelas terbang WBO dalam pertandingan utama yang disiarkan DAZN pada Sabtu malam dari Boeing Center di Tech Port di kota kelahirannya, San Antonio, Texas.



Kemenangan ini membuat Rodriguez - yang telah menjadi petinju kelahiran tahun 2000 pertama dalam olahraga ini yang memenangkan gelar utama - menjadi petinju Gen-Z pertama yang melakukannya di dua divisi. Kesempatan terakhir datang setelah ia mengosongkan gelar juara kelas bantam junior WBC-nya untuk menurunkan berat badan. Hal ini harus dibayar mahal, karena ia harus mengalami cedera pada rahangnya di tengah-tengah pertandingan.

Gonzalez mengucapkan doa terakhir dan menepuk pojok ring sebelum berlari menuju ring tengah untuk laga perebutan gelar pertama dalam kariernya. Petinju berusia 32 tahun dari Tultitlan, Meksiko - yang juga menjalani debutnya di AS - berharap dapat memanfaatkan keunggulan tinggi badan dan jangkauannya dengan baik. Keduanya tidak dapat menandingi kemampuan Rodriguez, saat atlet berkuda-kuda southpaw lokal ini melontarkan jab dan pukulan straight kirinya untuk membuat Gonzalez terus bergerak.

Rodriguez tetap menjaga ritme permainan di tengah pada ronde kedua, saat ia mendaratkan kombinasi. Gonzalez menikmati sebuah momen sukses saat ia menjatuhkan sebuah pukulan kanan dari atas kepala, namun Rodriguez segera merespon dengan pukulan kiri. Rodriguez masuk dengan pukulan kiri dan hook kanannya, saat Gonzalez dipaksa mundur untuk meminimalisir kerusakan.

Gonzalez bertinju dari sisi luar sepanjang ronde ketiga. Rodriguez tidak terganggu dengan taktik tersebut saat ia dengan cepat keluar dari ring. Penonton merasa tidak senang dengan sebuah pukulan rendah di pertengahan ronde, namun Rodriguez dengan cepat mengumpulkan pasukannya. Sebuah pukulan overhand kiri menghantam kepala Gonzalez, yang nyaris menangkis sebuah hook kanan. Rodriguez mencetak poin dengan sebuah hook kanan ke arah tubuh sebelum kembali menyerang dengan pukulan kiri untuk menggoyahkan Gonzalez yang dengan liar melewatkan sebuah hook kiri reaksioner saat bel berbunyi.

Rodriguez melanjutkan serangan satu sisi pada ronde keempat. Gonzalez dengan cepat keluar dari arena dan terpaksa bertahan saat Rodriguez menyambungkan sebuah uppercut kanan dan pukulan kiri. Gonzalez berhasil menyarangkan sebuah pukulan kanan ke arah tubuh. Rodriguez merespons dengan pukulan kiri ke arah atas untuk berulang kali memukul mundur kepala Gonzalez di tali ring.

Hal positif dari serangan Gonzalez adalah ia menunjukkan dagunya yang luar biasa. Namun, jelas terlihat bahwa Rodriguez secara perlahan mematahkan perlawanan sang penantang dengan mendaratkan serangan ke arah tubuh dan kepala dengan penuh keyakinan. Rodriguez melontarkan kombinasi beruntun pada ronde keenam, dimana Gonzalez hanya dapat membalas dengan pukulan kanan. Teriakan 'BAM' memenuhi para penonton saat mereka mencoba untuk melihat sebuah kemenangan KO. Pertahanan Gonzalez yang lincah mampu mementahkan harapan tersebut, setidaknya pada ronde tersebut.

Rodriguez melepaskan kombinasi beruntun pada ronde keenam, dimana Gonzalez hanya dapat membalas dengan pukulan kanan. Teriakan 'BAM' menggema saat mereka mencoba untuk melihat sebuah kemenangan KO. Pertahanan Gonzalez yang bergerak cepat mampu mementahkan harapan tersebut, setidaknya pada saat itu, karena Rodriguez tetap tenang dan tidak menyia-nyiakan pukulannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9296 seconds (0.1#10.140)