Tatap MotoGP 2016, Marquez Dibayangi Kegagalan Musim Lalu

Jum'at, 15 Januari 2016 - 06:00 WIB
Tatap MotoGP 2016, Marquez Dibayangi Kegagalan Musim Lalu
Tatap MotoGP 2016, Marquez Dibayangi Kegagalan Musim Lalu
A A A
CERVERA - Marc Marquez sadar persaingan di lintasan balap MotoGP 2016 kian bertambah sulit untuknya dan Honda. Ada faktor tersendiri yang membuat The Baby Alien cemas akan gagal lagi memenangi gelar musim depan.

Dilansir Autosport, Kamis (14/1/2016), Marquez menilai kegagalannya meraih gelar juara dunia 2015 karena Honda mengembangkan motor dengan spesifikasi mesin yang salah. Honda RC213V yang ia tunggangi disebut jauh lebih buruk ketimbang motor yang ia gunakan pada musim 2014.

"Pada 2013 dan 2014 saya mendapatkan motor yang bagus dan semuanya berjalan baik. Di musim 2015, kami membuat kesalahan sewaktu pengujian musim dingin yakni membangun motor yang salah," ungkap pembalap Spanyol itu ketika diwawancara Motosprint. (Baca Juga:
Catatan Bridgstone : Marquez Kalahkan Rossi Soal Lap Tercepat)


"Itu bukan masalah saya saja sebab Dani (Pedrosa) juga jatuh meski sudah punya pengalaman 9 tahun. Masalahnya adalah perhitungan, kami membuat beberapa kesalahan yang sama," jelasnya.

Menatap musim depan, Marquez malah bertambah cemas soal tunggangannya. Sejumlah perangkat elektronik terbaru dan ban Michelin dinilai makin menyulitkannya di atas lintasan. Pembalap berusia 22 tahun menyebut masalahnya justru bertambah banyak, bukan berkurang.

"Kesulitannya adalah mengelola semua dengan baik. Akan sangat mudah kembali membuat kesalahan dengan kasus tersebut. Ban memang sama untuk semua orang, tetapi software terbaru justru makin tertinggal dibanding yang kami gunakan tahun lalu," imbuhnya.

"Kami harus menemukan performa seperti yang kami gunakan sebelumnya, tapi ada hal yang membuat sulit langkah kami dalam mengembangkan motor dan menentukan pengaturan mesin. Ini sama seperti kami mendapat masalah besar tahun lalu,"

"Sebelum menentukan pengaturan elektronik, kami hanya bisa menentukan pilihan soal mesin. Tidak masuk akal bisa punya mesin yang baik dengan perangkat elektronik yang tidak memadai, anda akan jadi bingung," pungkasnya
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0139 seconds (0.1#10.140)