Justin Hubner Batal Dinaturalisasi, Pengamat: Indonesia Punya Banyak Bek Bagus

Kamis, 20 April 2023 - 21:34 WIB
loading...
Justin Hubner Batal Dinaturalisasi, Pengamat: Indonesia Punya Banyak Bek Bagus
Justin Hubner Batal Dinaturalisasi. Foto: IST
A A A
JAKARTA - Justin Hubner batal dinaturalisasi sebagai Warga Negara Indonesia ( WNI ). Pengamat sepak bola Mohamad Kusnaeni atau yang akrab disapa Bung Kus menyebut pilihan Hubner bukan masalah buat Indonesia.

Hubner awalnya menjalani proses naturalisasi dengan dukungan PSSI dan pemerintah. Namun, rencana itu batal karena ada permintaan bek berusia 19 tahun itu yang dirasa tidak bisa dipenuhi oleh PSSI.



Kusnaeni menilai situasi tersebut sama sekali tidak menjadi masalah. Sebab, Hubner memiliki hak untuk memilih jalan kariernya itu. Begitu juga dengan PSSI yang bisa membuat sikap untuk menolak permintaan yang diberikan pemain Wolverhampton Wanderers U-21.

“Tidak masalah. Itukan pilihan dia, hak dia untuk melanjutkan atau tidak melanjutkan. Sama seperti halnya kita juga punya hak untuk menerima atau tidak menerima persyaratan yang dia berikan,” kata Bung Kus ketika dihubungi MNC Portal Indonesia, Kamis (20/4/2023).

Pria yang akrab disapa Bung Kus mengatakan jika bicara soal naturalisasi itu artinya bicara soal komitmen dan menilai naturalisasi Hubner tidak lagi urgent. Mengingat Timnas Indonesia U-20 sudah dipastikan tidak akan tampil di Piala Dunia U-20 2023 setelah FIFA mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah.

“Jadi ya tidak apa-apa sih, karena naturalisasi itu kan komitmen, kalau tidak punya komitmen ya tidak usah,” ungkapnya.

“Lagi pula kita ingin rekrut dia itu karena ada kepentingan Piala Dunia U-20, sekarang tapi kan tidak jadi. Kepentingan merekrut Hubner sebetulnya tidak lagi urgent. Kalau untuk Piala Dunia senior dia kan juga masih belum tahu perkembangannya seperti apa,” sambungnya.

Lebih lanjut, Bung Kus mengingatkan bahwa saat ini Timnas Indonesia memiliki bek muda yang kualitasnya sama bagusnya seperti Hubner. Seperti Elkan Baggott, Rizky Ridho dan Muhammad Ferarri.

“Di level dia saat ini, umurnya tidak beda jauh sama Elkan Baggott, Rizky Ridho, dan kita punya bek-bek tangguh juga di umur yang segitu, ada Ferarri juga kan,” pungkas Bung Kus.

Kendati Hubner batal dinaturalisasi, dua pemain keturunan lainnya yakni Ivar Jenner dan Rafael Struick dikabarkan proses naturalisasinya tetap berlanjut. Sebab, dua pemain tersebut tetap memantapkan hatinya untuk berseragam Timnas Indonesia.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1392 seconds (0.1#10.140)