Perjalanan Karier Luis Collazo, Petinju Raja Kelas Welter yang Bangkit dari Depresi

Kamis, 27 April 2023 - 13:00 WIB
loading...
Perjalanan Karier Luis Collazo, Petinju Raja Kelas Welter yang Bangkit dari Depresi
Perjalanan Karier Luis Collazo, Petinju Raja Kelas Welter yang Bangkit dari Depresi
A A A
JAKARTA - Perjalanan karier Luis Collazo sebagai petinju profesional Amerika Serikat berhasil memegang kelas welter WBA pada tahun 2005 hingga 2006. Setelah pensiun dari dunia tinju, kini ia menjadi bintang. Namun, perjalanan kariernya tidak mudah. Collazo telah gigih berlatih dan mencari pengalaman bertanding sejak usia yang masih sangat muda.

Keahliannya sebagai seorang petinju telah dimulai pada usianya yang mulai menginjak sembilan tahun. Kala itu Luis dibawa ke sasana tinju oleh sang ayah yang merupakan mantan seorang pecandu alkohol.

Perjalanan Karier Luis Collazo


Collazo muda berhasil membuktikan dirinya sebagai petinju amatir yang sulit untuk dikalahkan dengan rekor 97 pertandingan dan hanya tujuh kekalahan. Atas rekor yang dicapainya, Collazo menjajaki level profesional dan melakukan debut profesionalnya pada Mei 2000 dengan KO ronde pertama atas Jose Maldonado di Yonkers, New York.

Di level profesional, Collazo berhasil mencetak rekor dengan hanya satu kekalahan dari 26 pertandingan awalnya. Namun, kariernya sempat terhenti ketika melawan Ricky Hatton pada Mei 2006 dan ia mengalami kekalahan dari Shane Mosley pada tahun 2007 yang membuatnya absen selama hampir satu tahun karena ibu jarinya patah.

Collazo kemudian bangkit kembali pada Januari 2009 dan berhasil mengalahkan Andre Berto serta David Gogichaishvili pada bulan Juni. Namun, ia kembali absen selama hampir dua tahun setelah dua pertandingan tersebut dan mengalami robek ligamen di bahunya saat kalah dalam keputusan 10 ronde dari Freddy Hernandez pada bulan Oktober.

Setelah mengalami kemunduran dan depresi, Collazo berhasil bangkit kembali dan kembali menemukan kedamaian. Ia kembali ke ring pertandingan dengan semangat baru dan berhasil KO ronde kedua dari mantan juara dunia seberat 147 pound Victor Ortiz pada Januari 2014. Namun, ia kembali mengalami kekalahan dari Amir Khan dalam pertarungan selanjutnya.

Meski demikian, Collazo tetap bangkit dan melanjutkan pendakiannya kembali ke puncak divisi 147 pound dengan penghentian putaran kedua Christopher Degollado di Brooklyn, New York, pada April 2015. Perjalanan karier Luis Collazo sebagai petinju profesional Amerika Serikat memberikan inspirasi bagi banyak orang untuk berjuang dan gigih meraih impian mereka.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1984 seconds (0.1#10.140)