Hasil Kualifikasi MotoGP Spanyol 2023: Aleix Espargaro Pole Position setelah Asapi Jack Miller

Sabtu, 29 April 2023 - 17:45 WIB
loading...
Hasil Kualifikasi MotoGP Spanyol 2023: Aleix Espargaro Pole Position setelah Asapi Jack Miller
Aleix Espargaro merebut posisi pole untuk balapan utama MotoGP Spanyol 2023/Foto/Reuters
A A A
CADIZ - Aleix Espargaro merebut posisi pole untuk balapan utama MotoGP Spanyol 2023. Pembalap Aprilia Racing itu menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi, mengasapi Jack Miller (Red Bull KTM) dan Jorge Martin (Ducati Pramac).

Espargaro mencatat waktu terbaik 1 menit 37,216 detik di Sirkuit Jerez, Cadiz, Spanyol pada Sabtu (29/4/2023) sore WIB. Dia mengalahkan Miller yang lebih lambat 0,221 detik pada sesi kualifikasi yang digelar tepat setelah latihan bebas ketiga (FP3). Sedangkan Martin lebih lambat 0,242 detik.



Sementara pembalap Yamaha Monster Energy Fabio Quartararo sempat berebut posisi terdepan dengan Marco Bezzecchi (Mooney VR46). Kedua pembalap terpantau hanya berselisih beberapa detik dengan Quartararo masih memimpin.

Sedangkan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) kesulitan merangsek ke zona tiga besar. Juara dunia MotoGP 2022 itu sempat tertahan di urutan kelima. Namun, akhirnya bersaing dengan Brad Binder dan Bezzecchi di urutan terdepan.



Bagnaia menjadi yang terdepan di sesi kualifikasi pertama (Q1) setelah mencatatkan waktu 1 menit 35,493 detik. Sementara, Quartararo tidak bisa mengikuti sesi kualifikasi kedua (Q2). El Diablo -julukan Quartararo- mengakhiri sesi kualifikasi pertama di posisi keenam.

Memasuki sesi kualifikasi kedua Jack Miller (Red Bull KTM) berhasil merebut posisi pertama di awal-awal. Akan tetapi, Miller tidak lama menjadi yang terdepan. Alex Marquez (Gresini Ducati) berhasil merebut posisi itu setelah unggul tiga detik dari Miller.

Jelang akhir-akhir sesi kualifikasi Aleix Espargaro (Aprilia Racing) dan Luca Marini (Mooney VR46) menyaingi Alex untuk mencatatkan waktu terbaik. Tetapi, Johann Zarco (Ducati Pramac) merangsek masuk dengan membubuhkan catatan waktu tercepat dalam satu lap saja.

Namun begitu, posisi itu tidak berlaku lama untuk Zarco setelah Espargaro merangsek masuk dengan catatan waktu 1 menit 37,216 detik. Pada akhirnya, Espargaro merebut pole position di MotoGP Spanyol 2023.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1037 seconds (0.1#10.140)