Operator MotoGP Dorna Sports Bikin Balapan Motor Khusus Wanita

Senin, 01 Mei 2023 - 09:30 WIB
loading...
Operator MotoGP Dorna Sports Bikin Balapan Motor Khusus Wanita
Para pengisi acara konferensi pers FIM Women’s Motorcycling World Championship di Jerez, Spanyol, Sabtu (29/4/2023) waktu setempat. (ANTARA/HO/Dorna Sports)
A A A
JAKARTA - Operator balap MotoGP, Dorna Sports , berencana menggelar balapan motor khusus bagi pembalap wanita. Dorna bahkan sudah menjajaki kerja sama dengan Federasi Balap Internasional (FIM) untuk merealisasi rencana tersebut.

Kejuaraan Balap Motor Putri (FIM Women’s Motorcycling World Championship) akan mulai digelar tahun 2024. Harapanya, balapan ini memperluas akses olahraga balap motor dan memberikan representasi positif bagi pebalap putri.



Seri awal ajang ini direncanakan berjalan bersamaan dengan World Superbike (WSBK) dengan target setidaknya enam putaran, dengan dua balapan per putaran. Grid akan menggunakan mesin yang sama dan satu pemasok sepeda motor akan diumumkan pada waktunya.

Presiden FIM Jorge Viegas menjelaskan bahwa ajang baru ini bertujuan untuk menciptakan peluang bagi pebalap putri yang sudah berkompetisi. Selain itu, diharapkan ajang ini juga dapat menyediakan lingkungan di mana mereka dapat membangun karir yang profesional dan layak di balap motor, serta meletakkan dasar untuk representasi yang lebih setara di semua paddock sepeda motor di masa depan.

Direktur Eksekutif WSBK Gregorio Lavilla menyambut baik adanya kejuaraan ini dalam agenda WSBK dan menambahkan bahwa pihaknya tertarik dan antusias. Namun, masih banyak hal dan detail lain yang perlu dikembangkan agar kompetisi ini bisa berjalan sukses dan berkelanjutan.

"Kami ingin menciptakan tujuan di mana pebalap wanita dari seluruh dunia dapat bergabung dalam kejuaraan dan menemukan kesuksesan profesional. Itu berarti kita juga bisa mencari cara baru untuk mempromosikan industri sepeda motor. Jika kita mulai dari nol, kita bisa lebih kreatif," kata Lavilla.

Melalui ajang ini, diharapkan dapat memberikan contoh positif bagi calon kompetitor wanita dan semakin menggarisbawahi bahwa balapan sepeda motor adalah olahraga yang dapat dinikmati oleh semua orang, baik di dalam maupun di luar trek.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4231 seconds (0.1#10.140)