Presiden Jokowi Target Indonesia Nomor 1 Atau 2 di SEA Games 2023

Selasa, 02 Mei 2023 - 15:09 WIB
loading...
Presiden Jokowi Target Indonesia Nomor 1 Atau 2 di SEA Games 2023
Presiden Joko Widodo menargetkan Kontungen Indonesia menduduki peringkat 1 atau 2 di SEA Games 2023 Kamboja/Foto/MPI/Carlos Roy Fajarta Barus
A A A
JAKARTA - Tugas berat diemban kontingen Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan Tim Merah Putih meraup jumlah medali lebih banyak dari edisi sebelumnya dan menduduki peringkat 1 atau 2.

Target tersebut disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan pada Lepas Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2023 Kamboja di Halaman Depan Istana Merdeka, Selasa (2/5/2023). Jokowi melepas 599 atlet yang akan bertanding pada 31 dari 36 cabang olahraga yang dipertandingkan di pesta olahrga dua tahunan terakbar di ASEAN itu.



Presiden Jokowi berharap dalam perhelatan SEA Games 2023, atlet Indonesia yang berlaga bisa mendapatkan prestasi yang lebih baik lagi dibandingkan SEA Games 2021 Vietnam pada Mei 2022.

"Sekarang mestinya lebih dari itu. Saya minta emasnya di atas 69. Peringkatnya juga di atas 3. Pilihannya hanya ada dua, peringkat satu atau peringkat dua," ucap Jokowi tegas.



"Ini bukan target yang gampang. Bukan target yang mudah. Tapi saya melihat atlet di sini telah memiliki bekal yang sangat cukup untuk nanti berlaga bertanding di Kamboja," imbuh Presiden.

Mendapat tugas berat, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo optimistis semua cabang olahraga (Cabor) dalam SEA Games Kamboja 2023 bisa meraih mendali emas sehingga mencapai target juara umum.

"Ya, itu sudah arahan pimpinan tertinggi, panglima tertinggi, jadi sebagai prajurit akan mencoba semaksimal mungkin meraih target tersebut (juara pertama atau juara umum)," ujar Dito Ariotedjo.

Dito menyebutkan pihaknya sudah melapor kepada Presiden Joko Widodo bahwa perhitungan realistis hanya 60 mendali emas atau peringkat tiga.

"Semoga motivasi dan target dari bapak Presiden tetap kita jadikan acuan dan juga maksimal untuk atlet-atlet dari kontingen Indonesia ini bisa meraih lebih dari segitu," tegasnya.

Politisi muda Partai Golkar ini optimistis semua cabang olahraga akan merebut emas. "Semua (cabang olahraga) karena kan kita sudah konsensus bersama bahwa cabang olahraga yg diberangkatkan ini memang memiliki medali emas, potensi medali emas," terangnya.

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1973 seconds (0.1#10.140)