PSSI Belum Agendakan Naturalisasi Cyrus Margono

Minggu, 07 Mei 2023 - 05:00 WIB
loading...
PSSI Belum Agendakan Naturalisasi Cyrus Margono
Penjaga gawang berdarah Indonesia Cyrus Margono belum menjadi agenda PSSI untuk dinaturalisasi/Foto/Instagram
A A A
JAKARTA - Penjaga gawang berdarah Indonesia Cyrus Margono belum menjadi agenda PSSI untuk dinaturalisasi . Kiper klub Panathinaikos B itu sedang dalam proses kepindahan kewarganegaraan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) lewat jalur mandiri.

Ketua umum (Ketum) PSSI Erick Thohir mengaku belum bisa berkomentar banyak soal naturalisasi itu. Erick mengatakan belum berdiskusi secara mendalam di internal PSSI. Pria yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu tak banyak bicara saat ditanya soal Cyrus.



"Saya tidak bisa lebih panjang untuk diskusi sebelum saya berbicara di dalam (internal PSSI) kami. Akan tetapi, sementara kami selesaikan (calon pemain naturalisasi) yang tiga ini dahulu. Yang lain nanti kita bicarakan," tutur Erick kepada awak media di Jakarta Pusat.

Saat ini, dua nama calon pemain naturalisasi yang proses kepindahan kewarganegaraannya sudah memasuki tahap akhir adalah Ivar Jenner dan Rafael Struick. Sebelum itu, tiga nama pemain berdarah Indonesia yang telah dinaturalisasi Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayen Pattynama.



Namun, dari tiga nama tersebut, baru Jordi Amat yang sudah tampil dengan kostum Merah-Putih di laga internasional.

Nama Cyrus sempat ramai diperbincangkan saat pelatih Timnas Indonesia gencar mencari calon pemain naturalisasi. Nama Cyrus kembali mencuat setelah mantan utusan PSSI untuk urusan naturalisasi, Hamdan Hamedan, mengabarkan kiper yang bermain di klub Liga Super Yunani 2 itu sedang dalam proses kepindahan kewarganegaraan menjadi WNI.

"Hari ini, Alhamdulillah kami memulai proses pewarganegaraan Indonesia bagi Cyrus. Semoga dengan demikian, bila suatu saat nanti Garuda memanggil, Cyrus dapat memenuhi syarat untuk membela Indonesia," tulis Hamdan di akun Instagram pribadinya @hamdan.hamedan, Rabu (3/5/2023).

Dalam unggahan tersebut, Hamdan juga menjelaskan bahwa Cyrus sejatinya pernah berkewarganegaraan Indonesia hingga usia 21 tahun. Akan tetapi kiper 190 cm itu tidak memiliki paspor Indonesia.

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2268 seconds (0.1#10.140)