Drama Final Sepak Bola SEA Games 2023: Prank Wasit hingga Manajer Indonesia U-22 Dihajar Ofisial Timnas Thailand

Selasa, 16 Mei 2023 - 22:43 WIB
loading...
Drama Final Sepak Bola SEA Games 2023: Prank Wasit hingga Manajer Indonesia U-22 Dihajar Ofisial Timnas Thailand
Laga Timnas Indonesia U-22 versus Thailand pada final sepak bola SEA Games 2023 diwarnai drama keributan antara kedua tim hingga prank peluit wasit/Foto/RCTI
A A A
PHNOM PENH - Laga Timnas Indonesia U-22 versus Thailand pada final sepak bola SEA Games 2023 diwarnai drama keributan antara kedua tim hingga prank peluit wasit. Indonesia akhirnya meraih medali emas setelah menang 5-2 di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Selasa (16/5/2023) malam.

Timnas Indonesia U-22 mengalahkan Thailand lewat babak perpanjangan waktu dengan skor 5-2. Lima gol Timnas Indonesia U-22 dicetak brace Ramadhan Sananta, Irfan Jauhari, Fajar Fathur Rachman, dan Beckham Putra.

Sementara dua gol Thailand dicetak oleh Anan (65’) dan Burapha di menit akhir babak kedua. Kemenangan Skuad Garuda Nusantara ini dibalut dengan berbagai drama.

Skuad Garuda Nusantara seperti kena prank wasit. Wasit yang memimpin jalannya pertandingan meniup peluit di akhir babak kedua. Saat itu, Marselino Ferdinan cs masih unggul 2-1 sebelum akhirnya Burapha mencetak gol di menit-menit akhir.

Sejatinya, wasit meniup peluit tersebut hanya satu kali. Namun karena euforia, tim ofisial Timnas Indonesia U-22 yang ada di bangku cadangan masuk kedalam lapangan karena mengira pertandingan sudah berakhir. Padahal, pertandingan belum berakhir. Hasilnya, Skuad Garuda Nusantara harus menunda pesta kemenangannya itu.

Drama kembali terjadi pada awal babak pertama perpanjangan waktu dimulai, ketika Irfan Jauhari mencetak gol keunggulan 3-2. Drama yang terjadi melibatkan kubu Indonesia dan Thailand. Nahasnya, Sumardji selaku manajer Timnas Indonesia kena pukul oknum Skuad Gajah Perang. Akibatnya, bibir Sumardji berdarah.

Namun pada akhirnya, kondisi tersebut kembali kondusif sehingga pertandingan dapat kembali berlanjut. Hanya saja, wasit memberikan kartu merah kepada Komang Teguh dan kiper Thailand. Praktis, kedua kubu bermain dengan 10 pemain. Kedua pemain itu juga terlibat adu jotos.

Saat pertandingan kembali dilanjutkan, salah satu pemain Thailand diganjar kartu merah. Kondisi itu semakin membuat keuntungan bagi Timnas Indonesia U-22 karena harus melawan sembilan pemain Skuad Gajah Perang.

Hujan kartu merah tidak hanya berhenti sampai disitu karena salah satu pemain Thailand juga mendapat kartu merah pada menit ke-116. Kondisi itu dapat dimanfaatkan dengan baik karena Beckham Putra sukses mencetak gol yang sekaligus menjadi gol penutup kemenangan Timnas Indonesia U-22.

Kemenangan ini memiliki arti yang sangat penting. Karena pada akhirnya, sepak bola putra Indonesia berhasil merebut kembali medali emas SEA Games setelah 32 tahun lamanya atau tepatnya pada SEA Games 1991 Filipina.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2042 seconds (0.1#10.140)