Generasi Emas! Daftar Atlet Debutan Indonesia yang Langsung Juara di SEA Games 2023

Rabu, 17 Mei 2023 - 16:46 WIB
loading...
Generasi Emas! Daftar Atlet Debutan Indonesia yang Langsung Juara di SEA Games 2023
Rashif Amila Yaqin menyumbang medali emas pertama Indonesia di SEA Games 2023/foto/NOC Indonesia
A A A
JAKARTA - Indonesia finis di posisi ketiga klasemen akhir dengan perolehan medali SEA Games 2023 dengan 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu. Sejumlah atlet debutan sukses tampil moncer bahkan sampai menyumbang medali emas.

Pencapaian tersebut melampaui target perolehan medali yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo pada saat pelepasan di Istana Negara, Selasa (2/5), yakni di atas 69 medali emas.



Dari pencapaian tersebut, sejumlah atlet yang baru kali pertama merasakan atmosfer persaingan pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara turut andil menyumbang medali emas. Lantas, siapa saja mereka?

1. Rashif Amila Yaqin (Triatlon)

Generasi Emas! Daftar Atlet Debutan Indonesia yang Langsung Juara di SEA Games 2023

Pada cabang olahraga triatlon, ada nama Rashif Amila Yaqin yang langsung mempersembahkan emas dan perak untuk Indonesia dalam penampilan perdananya di SEA Games.

Bahkan atlet asal Jawa Barat itu tercatat sebagai penyumbang emas pertama dalam pekan olahraga se-ASEAN edisi ke-32 tersebut setelah menjadi yang terbaik pada nomor aquatlon putra.

Ami, sapaan Rashif Amila Yaqin, mencatatkan total waktu 14 menit 28 detik, mengalahkan pesaing terdekatnya asal Filipina Andrew Kim Abay Remolino di posisi kedua dengan membukukan 15 menit 07 detik. Lalu perunggu menjadi milik Brice Sheng Cher Chong dengan 15 menit 39 detik.

Tak hanya emas, dia juga berhasil meraih perak pada nomor triatlon putra usai membukukan 58 menit 45 detik. Dia berada di belakang atlet Filipina Fernando Jose Tan Casares yang meraih emas dengan 58 menit 32 detik. Perunggu juga diraih wakil Filipina Andrew Kim Abay Remolino dengan 59,53 menit.

2. Dara Latifah dan Feri Yudhoyono (Balap Sepeda)

Generasi Emas! Daftar Atlet Debutan Indonesia yang Langsung Juara di SEA Games 2023

Sabang olahraga balap sepeda menempatkan dua nama yang kali pertama dan berhasil menyumbang medali untuk Kontingen Indonesia. Mereka adalah Dara Latifah dan Feri Yudhoyono.

Dara menjadi yang terbaik di nomor Cross Country Eliminator (XCE) putri. Dara mengawali lomba di heat 2 bersama Nur Assyira Zainal Abidin asal Malaysia dan pebalap Indonesia lainnya Sayu Bella Sukma Dewi.

Pada fase ini, dia menjadi yang terbaik, sedangkan Sayu Bela tersingkir usai gagal finis dalam lomba dua lap dengan jarak trek masing-masing 500 meter.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3421 seconds (0.1#10.140)