Italia Banjir Bandang, Formula 1 GP Emilia-Romagna 2023 Dibatalkan

Rabu, 17 Mei 2023 - 21:30 WIB
loading...
Italia Banjir Bandang, Formula 1 GP Emilia-Romagna 2023 Dibatalkan
Foto udara banjir bandang di Italia. Foto: Reuters
A A A
EMILIA-ROMAGNA - Kabar buruk datang beberapa hari sebelum balapan Formula 1 (F1) GP Emilia-Romagna 2023 yang dijadwalkan berlangsung pada akhir pekan ini mulai 19-21 Mei. Pada Rabu (17/5/2023), pihak penyelenggara memutuskan untuk membatalkan jalannya seri keenam musim ini akibat banjir bandang yang terjadi di wilayah Emilia-Romagna, Italia.

Keputusan tersebut diambil setelah diskusi antara Formula 1, Presiden FIA, otoritas yang kompeten, termasuk Menteri terkait, Presiden Klub Otomotif Italia, Presiden Wilayah Emilia-Romagna, Walikota Kota, dan promotor. Mereka sepakat bahwa kondisi banjir bandang membuat tidak mungkin untuk menggelar GP Emilia-Romagna 2023 dengan aman. Keputusan ini diambil untuk mengutamakan keselamatan para pembalap, tim ofisial, dan penggemar.



Pernyataan resmi di laman Formula 1, Rabu (17/5/2023), menjelaskan alasan di balik pembatalan tersebut. Situasi yang dihadapi oleh kota-kota di wilayah tersebut sedang sulit, sehingga tidaklah tepat untuk memberikan tekanan lebih lanjut pada otoritas lokal dan layanan darurat. Keputusan ini diambil dengan pertimbangan yang benar dan bertanggung jawab.

Stefano Domenicali, Presiden dan CEO Formula 1, juga menyampaikan belasungkawa atas musibah yang terjadi di kampung halamannya. Ia menegaskan bahwa pembatalan GP Emilia-Romagna 2023 diambil demi kemaslahatan banyak orang.

“Sungguh sebuah tragedi melihat apa yang terjadi pada Imola dan Emilia-Romagna, kota dan wilayah tempat saya dibesarkan, dan pikiran serta doa saya bersama para korban banjir dan keluarga serta masyarakat yang terkena dampak,” kata Domenicali.

Domenicali juga mengungkapkan rasa terima kasih dan kekagumannya kepada layanan darurat yang bekerja tanpa lelah untuk membantu mereka yang membutuhkan dan meringankan situasi. Ia menganggap mereka sebagai pahlawan, dan seluruh Italia bangga akan mereka.

"Keputusan yang telah diambil adalah keputusan yang tepat untuk semua orang di komunitas lokal dan keluarga F1 karena kami perlu memastikan keselamatan dan tidak menambah beban pihak berwenang saat mereka menghadapi situasi yang sangat mengerikan ini,” tambahnya.

Sebelumnya, wilayah Emilia-Romagna dilanda cuaca buruk dalam beberapa hari terakhir. Curah hujan yang sangat tinggi menyebabkan air sungai meluap dan membanjiri wilayah tersebut dengan kondisi yang sangat parah.

Pada Rabu (17/5/2023), paddock di Sirkuit Imola juga tergenang air. Para kru yang sudah bersiap-siap segera mengevakuasi seluruh peralatan yang ada untuk mengosongkan paddock hingga akhirnya keputusan pembatalan ini diumumkan.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1579 seconds (0.1#10.140)