Sejarah! Italia Punya 3 Wakil Berbeda di Final Kompetisi Eropa Musim Ini

Jum'at, 19 Mei 2023 - 22:33 WIB
loading...
Sejarah! Italia Punya 3 Wakil Berbeda di Final Kompetisi Eropa Musim Ini
Sepak bola Italia sedang mengalami kebangkitan pada musim 2022/2023. Pasalnya, mereka punya tiga wakil berbeda di final kompetisi Eropa. Foto: REUTERS/Thilo Schmuelgen
A A A
ROMA - Sepak bola Italia sedang mengalami kebangkitan pada musim 2022/2023. Pasalnya, mereka punya tiga wakil berbeda di final kompetisi Eropa.



Liga Italia masih menjadi satu dari lima top liga Eropa. Hanya saja, pamor mereka masih kalah dengan Liga Inggris dan Liga Spanyol.

Selain itu cukup banyak yang menilai Liga Italia membosankan atau monoton. Ditambah jarangnya nama-nama pemain hebat.

Meski demikian, Liga Italia dapat menunjukkan kualitasnya di kompetisi Eropa 2022/2023. Itu terbukti dengan adanya tiga wakil di final berbeda kompetisi benua biru.

Inter Milan menjadi wakil Italia di partai puncak Liga Champions musim ini. La Beneamata -julukan Inter Milan- sukses menyingkirkan AC Milan dengan agregat 3-0 saat semifinal.

Selanjutnya, Lautarpo Martinez dkk akan menghadapi Manchester City. Inter terakhir kali menjadi juara Liga Champions pada musim 2009/2010.

Sedangkan AS Roma menjadi wakil Italia di final Liga Europa 2022/2023. Giallorossi -julukan AS Roma- sukses membungkam Bayer Leverkusen dengan agregat 1-0.

Namun, Roma akan mendapatkan lawan sulit di final Liga Europa, yaitu menghadapi Sevilla. Los Nervionenses -julukan Sevilla- merupakan pemegang gelar terbanyak Liga Europa, yakni enam kali.

Sementara Fiorentina menjadi wakil Italia di final Liga Konferensi Europa musimini. La Viola -julukan Fiorentina-melenggang setelah menang agregat 4-3 atas FC Basel di semifinal.



Italia terakhir kali memiliki tiga wakil di final kompetisi Eropa pada 1997/1998. Kala itu, Inter berhadapan dengan Lazio di Piala UEFA (sebelum ganti nama menjadi Liga Europa) dan Juventus di Liga Champions.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1986 seconds (0.1#10.140)