3 Peran Shin Tae-yong di Balik Sukses Timnas Indonesia U-22 Rebut Emas SEA Games 2023

Sabtu, 20 Mei 2023 - 07:02 WIB
loading...
3 Peran Shin Tae-yong di Balik Sukses Timnas Indonesia U-22 Rebut Emas SEA Games 2023
Shin Tae-yong punya andil di balik keberhasilan Timnas Indonesia U-22 merebut medali emas cabang olahraga sepak bola SEA Games 2023/Foto/PSSI
A A A
JAKARTA - Shin Tae-yong punya andil di balik keberhasilan Timnas Indonesia U-22 merebut medali emas cabang olahraga sepak bola SEA Games 2023 . Salah satunya, materi pemain yang diboyong Pelatih Indra Sjafri mayoritas pemain didikan juru taktik asal Korea Selatan tersebut.

Shin Tae-yong memang tidak terjun secara langsung dalam mendampingi Garuda Muda di ajang SEA Games 2023, karena sebelumnya telah diberi mandat mempersiapkan Piala Dunia U-20. Dimana dua perhelatan tersebut sama-sama diselenggarakan pada bulan Mei 2023.

Namun, ajang Piala Dunia U-20 gagal dilaksanakan dan membuat Shin Tae yong membubarkan tim yang telah dibentuknya. Meski begitu, juru taktik ini justru telah memberikan modal penting bagi Indra Sjafri untuk meraih juara.

3 Peran Shin Tae Yong Di Balik Keberhasilan Timnas Indonesia di SEA Games

Pengaruh Shin Tae yong di balik keberhasilan timnas Indonesia terletak pada bekal kedisiplinan dan pengembangan mental para pemain yang sebagian besar dibawa Indra Sjafri untuk SEA Games 2023.

1. Banyaknya pemain didikan Shin Tae Yong yang Ikut SEA Games 2023

Dari 20 Pemain yang dibawa Indra Sjafri ke SEA Games 2023, 60% diantaranya merupakan hasil didikan Shin Tae yong. Bahkan para pemain inilah yang menjadi kunci keberhasilan timnas Indonesia.

Sebut saja seperti, Rizky Ridho yang menjadi kapten, kemudian ada Witan Sulaiman, Marselino Ferdinan, Irfan Jauhari, Ramadhan Sananta, Muhammad Ferarri, Ernando Ari, dan kawan-kawan.

2. Meningkatkan kedisiplinan Timnas Indonesia

Shin Tae yong kini telah dikenal sebagai perubah kultur sepak bola Indonesia, terutama dari segi kedisiplinan. Dimana terdapat aturan aturan ketat yang membuat para pemain didikannya lebih disiplin.

Aturan-aturan tidak biasa yang ditetapkannya seperti tepat waktu dalam latihan, adanya jam malam, pembatasan sosial media, hingga konsumsi makanan, turut jadi penunjang meningkatnya kedisiplinan timnas, terutama untuk para pemain asuhannya.

Oleh sebab ketatnya aturan yang dicanangkan Shin Tae yong ini bahkan telah membuat beberapa pemain harus dicopot karena telah melanggar. Seperti, Nurhidayat Haji Haris, Osvaldo Haay, dan Rifad Marasabessy.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2532 seconds (0.1#10.140)