Belum Tentu Digelar Tahun Depan, Vaksin Corona Penentu Olimpiade Tokyo

Rabu, 29 April 2020 - 10:45 WIB
loading...
Belum Tentu Digelar Tahun Depan, Vaksin Corona Penentu Olimpiade Tokyo
Foto/Reuters
A A A
TOKYO - Penundaan hingga tahun depan ternyata tidak menjadi jaminan Olimpiade 2020 Tokyo bisa digelar. Komite Penyelenggara Olimpiade menyatakan pesta olahraga multievent terbesar di dunia tersebut bisa dibatalkan jika virus corona tidak kunjung bisa dikendalikan.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Pemerintah Jepang sebelumnya sudah sepakat untuk menunda Olimpiade hingga Juli tahun depan. Kebijakan ini ditempuh sebagai respons perkembangan situasi dunia yang tidak kunjung membaik menyusul pandemi virus korona, termasuk di Jepang.

Penangguhan ini juga menjadi jawaban atas tuntutan atlet serta sejumlah asosiasi yang menilai jika persiapan Olympian menghadapi ajang tersebut tidak maksimal. Namun, penundaan hingga 23 Juli 2021 ternyata tidak menjadi Olimpiade 2020 bisa digelar.

Presiden Olimpiade 2020 Tokyo Yoshiro Mori menyatakan jika tidak akan menggelar ajang olahraga empat tahunan tersebut jika pandemi virus corona tidak kunjung bisa dikendalikan dan tetap menjadi ancaman bagi kesehatan global tahun depan. “Tidak, kalau situasinya begitu, (Olimpiade) akan dibatalkan,” kata Mori, dilansir AFP.

Mori menyatakan jika dibatalkan, ini akan menjadi yang pertama dalam sejarah di mana Olimpiade batal digelar akibat nonperang. Menurut dia, situasi saat ini berbeda di mana seluruh negara tengah berperang melawan musuh yang tidak terlihat, yakni virus corona.

“Jika virus corona berhasil diatasi, kami jamin akan menggelar Olimpiade 2020 pada musim panas mendatang. Kami sedang bertaruh untuk itu,” tandasnya.

Terkait kemungkinan pembatalan, juru bicara Tokyo 2020 menolak berkomentar. Mereka menyebut jika pernyataan yang disampaikan Yoshiro Mori merupakan pendapat pribadi dan bukan informasi resmi dari penyelenggara.

Sebelumnya penyelenggara menyatakan jika penundaan Olimpiade menjadi kesempatan untuk menunjukkan kemenangan dunia atas virus corona. Tapi, pertanyaan lantas muncul apakah penundaan satu tahun sudah cukup untuk memastikan Olimpiade aman digelar.

Asosiasi Medis Jepang bahkan sudah memperingatkan jika akan mustahil bisa menggelar Olimpiade tahun depan jika vaksin belum ditemukan. “Saya tidak akan mengatakan jika Olimpiade seharusnya dibatalkan. Tapi, itu akan sangat sulit digelar tanpa vaksin,” kata Ketua Asosiasi Medis Jepang Yoshitake Yokokura. (Abriandi)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3285 seconds (0.1#10.140)