Piala Dunia U-20 Bergulir, Pengamat: Banyak Pengalaman Jika Indonesia Bermain di Sini

Minggu, 21 Mei 2023 - 22:46 WIB
loading...
Piala Dunia U-20 Bergulir, Pengamat: Banyak Pengalaman Jika Indonesia Bermain di Sini
Piala Dunia U-20 Bergulir di Argentina. Foto: IST
A A A
JAKARTA - Empat pertandingan telah digelar dalam ajang Piala Dunia U-20. Salah satunya adalah pertandingan tuan rumah Argentina yang berhasil meraih kemenangan 2-1 atas Uzbekistan di babak penyisihan Grup A.

Pertandingan lainnya dalam Grup A mempertemukan Selandia Baru yang mengalahkan Guatemala dengan skor tipis 1-0. Hasil ini membuat Argentina saat ini memimpin di Grup A.

Baca Juga: Piala Dunia U-20 2023 di Argentina, Lagu Glorious dari Weird Genius Tetap Jadi Soundtrack

Di Grup B, dua pertandingan yang berlangsung pada Minggu (21/5/2023) adalah kemenangan telak 4-0 untuk Slovakia melawan Fiji, serta Amerika Serikat yang menang dengan skor tipis 1-0 atas Ekuador.

Jika Piala Dunia U-20 tidak dibatalkan oleh FIFA sebagai penyelenggara, seharusnya Indonesia akan menjadi tuan rumah dan berhadapan dengan para pemain muda berbakat ini, bukan Argentina yang akhirnya menggantikan posisi Indonesia.

Ketika dihubungi pada Minggu (21/5/2023), pengamat sepak bola Kesit Budi Handoyo menyatakan bahwa seharusnya pemain Indonesia berlaga dalam turnamen ini. "Pasti akan ada banyak pengalaman berharga yang bisa didapatkan oleh pemain muda kita jika mereka berpartisipasi dalam ajang ini."



Saat ini, yang bisa dilakukan hanyalah menyaksikan pertandingan melalui siaran langsung atau melalui cuplikan video jika tidak dapat menyaksikan secara langsung, termasuk bagi para pemain muda.

"Para pemain muda dapat mengamati dan belajar dari pemain yang berpartisipasi dalam Piala Dunia U-20, mengingat mereka sebaya dengan pemain yang tampil di turnamen ini," tambahnya.

Dengan bermain dalam kompetisi seperti ini, kita dapat menilai kemampuan para pemain sepak bola Indonesia, apakah mereka layak untuk naik ke level yang lebih tinggi atau tidak.

"Melalui pertandingan ini, kita dapat melihat apakah gaya bermain mereka sudah sejalan dengan pemain senior atau masih biasa-biasa saja," tambah Kesit.

Pada awalnya, Piala Dunia U-20 2023 direncanakan diselenggarakan di Indonesia. Namun, FIFA membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah menjelang penyelenggaraan karena beberapa alasan, termasuk masalah keamanan. Keberadaan Timnas Israel U-20 menjadi kontroversi dan menimbulkan penolakan dari berbagai kalangan.

FIFA dengan cepat menunjuk Argentina sebagai pengganti Indonesia. Dengan demikian, Argentina memiliki kesempatan untuk tampil dalam Piala Dunia U-20 sebagai tuan rumah, meskipun sebelumnya mereka tidak lolos ke turnamen ini.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4874 seconds (0.1#10.140)