Tony Gunawan, si Mantan yang Menyihir Bulu Tangkis Dunia

Kamis, 23 Juli 2020 - 11:32 WIB
loading...
Tony Gunawan, si Mantan yang Menyihir Bulu Tangkis Dunia
Tony Gunawan, si Mantan yang Menyihir Bulu Tangkis Dunia/BWF
A A A
Tony Gunawan memiliki karier yang luar biasa yang menyihir bulu tangkis dunia. Bahkan di antara yang pemain bulu tangkis yang hebat pada masanya. Tony Gunawan merupakan pewaris kecemerlangan ganda putra Indonesia. Dia dan rekan-rekannya, terutama Candra Wijaya, Sigit Budiarto dan Halim Haryanto, melanjutkan dominasi Indonesia pada kategori itu.

Seorang pemain all-court yang hebat, nyaman di depan net dan di belakang, dan dengan pertahanan yang luar biasa mampu melakukan serangan kilat di depan. Tony Gunawan membangun kemitraan yang sukses dengan Candra Wijaya dan Halim Haryanto, karena Indonesia memiliki kekayaan talenta ganda putra dan mereka mampu melakukan kombinasi yang berbeda.

Bersama Candra Wijaya dan Haryanto, ia memenangkan sejumlah mahkota utama pada akhir 1990-an; tetapi dengan rekan senegaranya Rexy Mainaky pada tahun 2000 ia membantu Indonesia meraih gelar Piala Thomas ketika mereka mengalahkan China 3-0 di final. Dengan Mainaky lagi ia memenangkan Kejuaraan Bulu Tangkis Asia tahun itu.

Dengan Candra Wijaya meraih emas Olimpiade Sydney 2000 atas Lee Dong Soon / Yoo Yong Sung Korea. Kemenangan yang mampu mempertahankan emas Indonesia di Olimpiade .

Tahun berikutnya, ia dan Halim Haryanto mengalahkan rekan satu timnya Candra Wijaya dan Budiarto di final All England, sebelum mengklaim Kejuaraan Dunia dengan cara yang menakjubkan - 15-0 15-13 atas pemain hebat Korea, Kim Dong Moon dan Ha Tae Kwon. Tony berimigrasi ke AS pada tahun 2001 setelah mendapat kesempatan untuk melatih tim untuk Olimpiade Athena.

Dengan pensiunnya salah satu pemainnya, Kevin Han, Gunawan memutuskan untuk bermitra dengan Howard Bach. Tidak pernah terpikir untuk memperhitungkan gelar utama lainnya, Tony Gunawan menjalani mimpi di negara adopsinya, ketika ia dan Bach menghancurkan harapan mantan rekan setim Tony Gunawan, Candra Wijaya dan Sigit Budiarto di final.

Lihat Infografis: Selamat Datang Bulan Dzulhijjah, Berikut Keutamaannya

Sejarah tercipta dengan emas pertama kalinya bagi AS, dan menjadikan Tony Gunawan pemain pertama yang memenangkan gelar dunia untuk dua negara. Namun, prestasi Tony Gunawan belum selesai, karena ia bergabung kembali dengan mantan mitranya, Candra Wijaya dan terus menikmati kesuksesan di Tur, mencapai empat final utama pada 2007 - termasuk Jepang Terbuka, yang mereka menangkan.

Sorotan Karir Olimpiade: Emas (2000)
Kejuaraan Dunia: Emas (2001, 2005)
All England: Juara (1999, 2001)

Penghargaan Utama lainnya
Final Grand Prix Dunia: Juara (1999, 2000)
Kejuaraan Badminton Asia: Pemenang (2000)
Indonesia Open: Pemenang (2000, 2006)
Jepang Terbuka: Pemenang (2000, 2006, 2007)

Fakta yang menarik Tony Gunawan memenangkan dua gelar AS Terbuka bersama istrinya, Etty Tantri.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0571 seconds (0.1#10.140)